Cantiknya 5 Hewan Laut Ini Ketika Berpose di Kamera

Oleh Elizabeth Swanti pada 18 Jan 2015, 13:08 WIB
Diperbarui 18 Jan 2015, 13:08 WIB
Cantiknya 5 Hewan Laut Ini Ketika Berpose di Kamera
Perbesar
Berikut adalah foto habitat-habitat bawah laut yang memenangkan kontes foto Ocean Art Competition 2014.

Liputan6.com, Jakarta- Keindahan habitat laut Raja Ampat di Papua memang sudah terkenal. Awal tahun ini, Raja Ampat kembali membuka mata dunia akan kekayaan alam bawah lautnya.

Sebuah foto kuda laut hamil karya Filippo Borghi menjadi salah satu pemenang dari kontes foto Ocean Art Competition 2014. Foto kuda laut jantan di laut Papua itu diambil beberapa menit sebelum sang hewan melahirkan banyak bayi kuda laut.

Kuda laut jantan merupakan satu-satunya spesies yang dapat berkembang biak.  



Selain foto kuda laut jantan imut yang sedang hamil ini, foto udang laut dari Tulamben, Bali Utara hasil besutan So Yat Wai juga menjadi salah satu pemenang kontes.

Sang fotografer, mengatakan kepada laman Discovery bahwa ia harus menunggu sangat lama untuk memperoleh pose udang jenis Crinoid ini menghadap ke kameranya. Hasilnya bukan hanya pose yang cantik tetapi juga simetri yang sangat indah.

Berikut adalah foto habitat-habitat bawah laut yang memenangkan kompetisi bergengsi ini.


Dua ekor siput laut sedang bertatapan di bawah laut Pulau Canary di Spanyol. Foto ini diambil oleh Eduardo Fernandez. 

Seekor gurita ditemukan menghadap ke kamera saat sedang menyelam di malam hari. "Gurita ini seakan sudah siap dipotret," kata Giacomo Giovannini, sang fotografer, sebagaimana dilansir melalui laman Discovery. Gurita jenis Sepiola ini cenderung sangat pemalu di siang hari, tetapi menjadi jauh lebih aktif di malam hari. Foto ini diambil di perairan Trieste, Italia.

Foto ini menunjukkan seekor ikan remaja berlindung di sebuah organisme pelagis yang hanyut di laut selama menyelam malam di perairan Kona, Hawaii. "Sementara tersuspensi dalam air yang gelap, Anda mengamati bentuk kehidupan yang belum pernah Anda lihat sebelumnya atau bahkan membayangkannya di permukaan air dangkal," kata sang fotografer, Ron Watkins, kepada Discovery.
 
 
 
Seekor Lionfish tengah memburu 'makan siang'nya, ikan-ikan kecil yang sedang menempel di bangkai kapal Sufa, yang terletak di ujung perairan Eliat, Israel. Sang fotografer, Ilan Ben Tov menjelaskan bahwa setiap tahun, bangkai kapal Sufa menjadi rumah bagi sekelompok ikan-ikan kecil yang bernaung di bagian atas bangkai kapal tersebut.