Sukses

Dubes Rusia: Sanksi AS untuk Kami, Tak Akan Berguna

Semenjak krisis Ukraina terjadi, Rusia menjadi pihak yang disebut-sebut terus berseteru dengan AS.

Liputan6.com, Jakarta - Akibat krisis Ukraina, pemerintah Rusia mendapatkan sanksi ekonomi dari pihak Barat, termasuk Amerika Serikat. Hukuman tersebut pun berpotensi akan melemahkan posisi Negeri Beruang Merah di dunia.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin angkat bicara. Menurutnya saksi ini tak akan mempengaruhi negaranya sama sekali.

"(Sanksi dari barat dan AS) Itu ilegal dan tidak akan beruguna serta tak menguntungkan siapa pun," ujar Galuzin di kediamannya di bilangan Kuningan, Kamis (11/12/2014).

Menurut dia, sanksi yang dijatuhkan Barat lebih untuk mengisolasikan negaranya dari dunia luar. Namun demikian, Moskow tak genar. Kremlin tetap akan berusaha menjalin hubungan dengan dunia luar.

"Kami tidak akan mengisolasikan negara kami dari dunia luar," lanjut Galuzin. "Bahkan kami tetap akan mencoba membuka hubungan dengan negara-negara seperti AS dan sejumlah negara barat lain," imbuh dia.

Semenjak krisis Ukraina terjadi, Rusia menjadi pihak yang disebut-sebut terus berseteru dengan AS. Negeri Paman Sam menuding Moskow turut campur masalah Ukraina melalui intervensi serta pencaplokan Crimea.

Amerika Serikat dan negara Barat seperti Jerman, Inggris serta beberapa negara lain langsung menjatuhkan sanksi ekonomi. Namun, seakan tak peduli ancaman barat, Rusia seakan melawan negara itu dan tetap melanjutkan kebijakan militernya di Ukraina. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.