Sukses

AS: Ideologi dan Pendanaan ISIS Harus Dihancurkan

Menlu AS John Kerry mengatakan, operasi militer saja tidak cukup untuk mengalahkan ISIS.

Liputan6.com, Baghdad - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengatakan semua anggota koalisi internasional yang menentang kelompok yang menyebut diri Negara Islam Irak Suriah atau ISIS sepakat bahwa ideologi kelompok itu harus dihancurkan.

"Serangan militer saja tidak cukup untuk mengalahkan kelompok itu," jelas John Kerry dalam petemuan tingkat tinggi pertama koalisi internasional di Brussel seperti dikutip dari BBC, Kamis (4/12/2014).

Ia mengungkapkan, penting untuk menghancurkan ideologi, pendanaan dan perekrutan dan menangani penderitaan yang mereka akibatkan pada rakyat di kawasan itu.

"Daesh (Islamic State of Iraq and the Levant atau al-Dawla al-Islamiya al-Iraq al-Sham) masih melakukan kejahatan membahayakan, namun ada konsensus bahwa momentum yang mereka lakukan dua setengah bulan lalu telah terhenti," ucap Kerry.

Saat ditanya tentang laporan bahwa jet Iran yang tertangkap kamera terbang di atas Irak, Kerry mengatakan, "Bila Iran menghadapi (ISIS) di tempat tertentu ... tentu akan ada dampaknya dan akan positif."

Namun ia menolak untuk berkomentar apakah serangan itu benar dari Iran. Ia hanya mengatakan tergantung Iran dan Irak untuk melakukannya.

Namun ia menyatakan, sejauh ini Amerika tidak mengkoordinasikan operasi militer dengan Iran.

Pemerintah Iran pun membantah telah melakukan serangan terhadap ISIS di Irak timur.

"Iran tidak pernah terlibat serangan apapun untuk melawan ISIS di Irak. Serangan yang dikomando Amerika Serikat sama sekali tak ada hubungannya dengan Iran," ujar pejabat senior Iran, seperti dimuat Al-Arabiya. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini