Sukses

Ngeri... Belatung Bersarang di Telinga Pemuda Ini Saat Tidur

Peristiwa itu bermula saat lalat bertelur di lubang telinganya. Lalu menetas menjadi larva berupa belatung. Lihat video berikut ini.

Liputan6.com, New Delhi - Pemuda ini tak sadar telinganya menjadi sarang belatung saat tidur. Bagaimana bisa?

Dikutip dari Daily Record.co.uk, Senin (17/11/2014), peristiwa itu bermula saat lalat bertelur di lubang telinganya. Ketika itu si pemuda yang tak disebutkan namanya tak sadar karena sedang tertidur pulas.

Tak disebutkan berapa lama si pemuda tertidur hingga telur-telur lalat itu menetas. Namun ia mengeluh ada sesuatu yang bergerak di telinganya sehingga memutuskan ke dokter.

"Jika kami tak mengeluarkannya, larva-larva yang menggeliat itu akan memakan daging telingnya, lalu menyusup ke dalam otak dan bisa berujung pada kematian," ujar Dr Vikram Yadav di India.
 
Saat proses pembersihan, terlihat puluhan larva itu masih hidup.



Belatung di telinga adalah masalah umum di daerah tropis dan subtropis. Penderita biasanya mengeluh berdengung di telinga dan terlinga berair. Menurut para ahli, tingkat kematian akibat hal itu adalah 8%.

Biasanya peristiwa itu kerap terjadi pada anak-anak yang lebih muda dari 10 tahun atau pada individu lemah.

Cara terbaik untuk mengeluarkan larva itu dengan membuat mereka lemas sehingga akan keluar dengan sendirinya.

"Jika ada yang tidur, anak, orang tua, dan Anda melihat lalat di sana, tutupi mereka. Sehingga mereka tidak masuk ke dalam lubang pada tubuh dan bertelur. Pencegahan lebih baik," kata Yadav. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.