Sukses

Meriam Air Bubarkan Perusuh Bertopeng di HUT Kemerdekaan Polandia

Ini adalah tahun keempat berturut-turut, di mana kekerasan terjadi selama pawai peringatan HUT Polandia.

Liputan6.com, Warsawa - Kerusuhan terjadi di tengah perayaan Hari Kemerdekaan Polandia di Warsawa. Polisi pun menggunakan meriam air untuk 'menjinakkan' ratusan orang bertopeng yang membuat ricuh acara tersebut.

"Bentrokan terjadi ketika beberapa demonstran yang disebut-sebut sebagai anggota kelompok sayap kanan, memisahkan diri dari iring-iringan utama dan mulai melemparkan batu serta suar ke arah polisi," demikian diberitkan BBC, Rabu (12/11/2014), 

Tak lama kemudian, para pericuh pun bubar. Beberapa orang ditangkap, dan dilaporkan ada korban cedera.

Ini adalah tahun keempat berturut-turut di mana kekerasan terjadi selama pawai memperingati akhir Perang Dunia pada tahun 1918. Tahun lalu, sekelompok pengunjuk rasa berusaha menyerang kedutaan Rusia.

Awalnya, acara peringatan HUT Polandia yang berlangsung Selasa 11 November waktu setempat dan dipimpin oleh Presiden Bronislaw Komorowski itu berlangsung damai. Ribuan orang yang ikut ambil bagian dalam pawai tahunan di Warsawa itu tak terlibat konflik.

Polandia adalah sebuah negara republik di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman di sebelah barat Perbatasan Oder-Neisse, Ceko dan Slovakia di sebelah selatan, Rusia (Kaliningrad). Lalu dengan Lituania di sebelah timur laut dan Belarus serta Ukraina di sebelah barat (Garis Curzon). (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini