Sukses

Abalon, Makanan Laut Nikmat Nan Mahal

Kerang abalon, makanan laut itu kerap disejajarkan dengan sarang burung atau sirip ikan hiu karena harganya yang cukup tinggi.

Liputan6.com, Hawaii - Kerang abalon, makanan laut itu kerap disejajarkan dengan sarang burung atau sirip ikan hiu. Sebab, harganya cukup mahal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (17/10/2014), harga abalon berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Teksturnya yang kenyal sangat nikmat diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Sebanyak 450 tangki berisi kerang abalon ezo khas Jepang itu dapat ditemukan di Natural Energy Laboratory of Hawaii Authority (Nelha). Sejak berupa bibit, abalon dibesarkan dalam tangki dengan temperatur yang pas agar dapat tumbuh.

Tak seperti di laut dimana suhu air dapat terlalu dingin maupun panas, dengan teknologi canggih Nelha air laut dipompa dari kedalaman 900 meter untuk mendapat air kaya nutrisi dan bebas bakteri. Air bersuhu dingin itu dicampur dengan air laut bersuhu hangat untuk mencapai temperatur ideal.

Tak hanya itu, makanan abalon yaitu rumput laut juga ditumbuhkan secara alami. Abalon hidup di air yang sangat murni dan diberi makan rumput laut yang sangat bersih.

Jadi itulah alasan abalon itu bersih, lezat dan aman untuk dikonsumsi manusia. Ratusan ton kerang abalon memasok permintaan Amerika Serikat bahkan dikirim hingga ke Jepang. (Mut)

Baca Juga:

Nikmati Ragam Makanan di Festival Labu Nusantara

Nyamm..Nikmatnya Berbelanja Sambil Wisata Kuliner di Pasar Baru

Soto Buthek, Kuliner Khas Kota Sragen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.