Sukses

Shaun The Sheep Berbulu Gondrong Berkelana

Domba jantan berbulu amat lebat itu ditangkap di semak belukar pada hari Minggu 24 Agustus, oleh petani Peter Hazell.

Liputan6.com, Tasmania - Tak ada yang menyangka jika domba unik berbulu gondrong ini telah berkelana ratusan kilometer dari peternakannya. Dua orang petani yang menemukannya menyematkan nama Shaun The Sheep untuk binatang mengembik itu.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (14/1/2015), berat domba berbulu tebal itu mencapai 20 kg. Namun belum dapat dipastikan, apakah mamalia yang diberi nama Shaun The Sheep, seperti nama tokoh kartun itu, adalah pemilik wol terberat.

Menurut penuturan kedua petani itu, Shaun mengembara di padang gurun Tasmania selama beberapa tahun. Otomatis terhindar dari ritual potong bulu.

Domba jantan berusia 6 tahun itu ditangkap di semak belukar pada hari Minggu 24 Agustus, oleh petani Peter Hazell.

"Dia tidak bisa melihat dengan baik karena wol menutupi wajahnya, jadi aku menyelinap di belakangnya dan menangkapnya," kata Hazell.

Dilihat dari kalung yang dikenakan Shaun, jelas Hazel, dia berasal dari sebuah peternakan yang jaraknya ratusan kilometer di pantai timur Tasmania. Itu berarti ia telah berkelana di negara bagian itu selama bertahun-tahun untuk mencapai tempatnya saat ini.

"Ini adalah domba terberat yang pernah saya angkat. Aku tidak percaya domba bisa memiliki begitu banyak wol," kata istri Hazell, Netty.



Selain bulu wol yang dimiliki Shaun, hal menakjubkan lainnya adalah ia mampu bertahan hidup di alam liar begitu lama.

"Karena biasanya mereka kelelahan dan tidak bisa bangun, atau mereka mati kepanasan," jelas Hazell.

Menurut juri kontes domba Ray Peter, bulu-bulu Shaun dalam kondisi baik. Meski tak pernah dirawat.

"Saya pikir ini tak mungkin terjadi pada domba yang kabur sekian lamanya, tapi memiliki wol yang baik seperti dia," jelas Peter.

Setelah ditemukan, beberapa hari kemudian bulu-bulu Shaun yang begitu lebat itu pun akhirnya dipotong. Hasilnya, tubuh Shaun terlihat lebih kecil tak seperti sat pertama kali ditangkap petani Peter-Netty Hazel.


Sejauh ini, rekor unik dunia untuk bulu domba tertebal dipegang oleh peranakan Selandia Baru bernama Shrek.

Domba jenis Merino itu meraih ketenaran internasional pada tahun 2004, setelah ia menghindari ditangkap dan dicukur selama enam tahun. Padahal mamalia jenis itu biasanya dicukur setiap tahun. Shrek yang nakal rupanya bersembunyi di gua-gua, menghindari ritual tersebut. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini