Sukses

Umat Muslim di Moskow dan Suriah Rayakan Idul Adha

Begini suasana Salat Ied di Moskow, Suriah, Bangladesh, Turki, dan Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan ribu umat muslim Rusia menunaikan ibadah Salat Id di jalan-jalan Kota Moskow karena sedikitnya masjid di negara itu. Sekitar 50 ribu lainnya menunaikan Salat Id di sekitar Masjid Katedral Moskow.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (5/10/2014), membludaknya jumlah jemaah membuat kepolisian setempat harus bekerja ekstra dalam mengamankan situasi karena jemaah yang telah melaksanakan Salat Id kemudian berdesak-desakan untuk keluar dari barikade polisi.

Di Dhaka, Bangladesh, usai melaksanakan Salat Id, umat muslim langsung menggiring sapi-sapi mereka untuk kemudian dikurbankan. Beberapa di antara mereka baru membeli hewan kurban setelah pelaksanaan Salat Ied.

Presiden Suriah Bashar Al Assad yang jarang tampil dihadapan publik secara mengejutkan berada di tengah-tengah warga Suriah untuk menunaikan Salat Id. Assad sangat jarang tampil di muka publik setelah perang antara kelompok anti dan pro pemerintah pecah sejak 3,5 tahun lalu.

Sementara itu, pengungsi Suriah di Sanliurfa, Turki merayakan Hari Raya Idul Adha di tenda-tenda pengungsian. Bagi mereka, Idul Adha kali ini sama saja dengan hari-hari biasanya di pengungsian. Jangankan untuk menyembelih hewan kurban, untuk makan sehari-hari saja mereka masih kekurangan.

Sejumlah umat muslim berkumpul di Masjid Shah Alam dekat Kuala Lumpur, Malaysia untuk melaksanakan ibadah Salat Id. Setelah salat dilaksanakan, para jemaah kemudian menyembelih hewan kurban. (Ado)

Baca Juga:

'Basahnya' Salat Idul Adha WNI di Jepang

Salat Idul Adha, SBY di Istiqlal dan Jokowi di Balaikota

Sebagian Muslim di Jakarta, Solo, Surabaya Laksanakan Salat Id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • salat ied