Peshmerga Bertempur dengan Militan ISIS - Gunung Mayon Meletus

Oleh Liputan6 pada 17 Sep 2014, 19:22 WIB
Diperbarui 26 Jan 2017, 03:59 WIB
(lip6 Petang) Jendela Dunia

Liputan6.com, Irak - Pertempuran sengit terjadi antara Pasukan Kurdi Peshmerga dengan militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di dekat Khazer sekitar 40 kilometer dari Kota Arbil, Irak Utara. Berita ini mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (17/9/2014).

Dibantu serangan udara, Peshmerga telah mengambil kendali kembali atas beberapa wilayah yang sempat direbut militan ISIS beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, di pinggiran Kota Lagos, Nigeria sebuah bangunan ambruk, Jumat 12 September lalu. Gedung ini tadinya merupakan pusat perbelanjaan dan penginapan.

Sekitar 131 orang berhasil diselamatkan, namun ditemukan juga 60 korban tewas yang diduga warga negara asing. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui apa penyebab ambruknya gedung ini.

Di Filipina, Gunung Mayon yang merupakan gunung paling aktif di sana, meletus dan mengeluarkan lahar ribuan kali. Warga desa di sekitar gunung pun dievakuasi.

Selama 500 tahun terakhir, Gunung Mayon telah 50 kali meletus. Beberapa letusan dahsyat di antaranya sangat berbahaya bagi warga sekitar.

Beralih ke Ukraina. Seorang anggota Parlamen Ukriana diserbu massa di luar gedung parlemen di Kiev, lantas diseret dan dilempar ke tempat sampah.

Massa menahan Vitaly Zhuravsky dan menyiramnya dengan minuman kaleng. Zhuravsky adalah anggota parlemen dari Partai Wilayah.

Bersama presiden terguling Victor Yanukovichia, ia beberapa kali mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang tidak populer. Misalnya pengetatan larangan unjuk rasa anti-pemerintah dan kriminalisasi kalangan liberal.

Baca juga:


Banjir China Renggut 7 Jiwa-Olahraga Khas Skotlandia

Kabel Putus Akibat Salju Tebal - Aksi Salib Diri 3 Sopir Bus

China Luncurkan Sumpit Pintar - Warga dan Polisi Bentrok di Chile

(Sss)