Wanita Tak Sadar Otak Kecilnya Hilang Paling Populer

Oleh Liputan6 pada 16 Sep 2014, 08:44 WIB
Diperbarui 16 Sep 2014, 08:44 WIB
MRI pasien yang kehilangan otak kecil
Perbesar
MRI pasien yang kehilangan otak kecil (Feng Yu et al)

Liputan6.com, Jakarta - Berita mengenai seorang perempuan berusia 24 tahun di China yang tak menyadari otak kecilnya hilang menjadi paling mencuri perhatian sepanjang Senin 15 September 2014. Selain itu ada 4 berita lainnya yang terfavorit di hati para pembaca Liputan6.com, terutama di Kanal Internasional.

Berikut 5 berita yang paling banyak mencuri perhatian pembaca situs kesayangan Anda:

1. Selama 24 Tahun, Perempuan Ini Tak Sadar Otak Kecilnya Hilang

Seorang perempuan berusia 24 tahun mendatangi dokter di China, dengan keluhan aneh: mual dan muntah dalam jangka waktu 1 bulan dan mengalami pusing di sepanjang hidupnya. Pasien juga mengaku, saat kecil ia baru bisa berjalan di usia 4 tahun dan tak bisa berjalan tegak dalam waktu lama. Ternyata itu semua berkaitan dengan otak.

Saat memindai otak perempuan tersebut, para dokter pun kaget. Mereka menemukan pasien tak memiliki cerebellum (otak kecil) -- bagian otak yang diyakini amat penting untuk berjalan dan melakukan gerakan lainnya. Hasil scan justru menemukan lubang besar yang berisi  cairan cerebrospinal.

Nah, bagaimana isi laporan dokter yang dimuat jurnal Brain? Bisa Anda simak di sini

2. Keluarga Korban Pemenggalan ISIS: Jangan Salahkan Islam

Warga asing kembali menjadi korban kekejaman kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Setelah 2 wartawan Amerika Serikat (AS), James Wright Foley dan Steven Sotloff, kini warga Inggris yang jadi sasaran.

Seorang pekerja kemanusiaan asal Inggris, David Cawthorne Haines dilaporkan dieksekusi berdasarkan video pemenggalan yang disebar oleh ISIS, kelompok ekstremis yang secara sepihak memproklamasikan diri sebagai Negara Islam.

Keluarga sangat berduka atas nasib David yang menjadi korban ISIS. Tapi apa kata saudara kandung David, Mike Haines? Selengkapnya simak di tautan ini

3. Ditemukan, Dinosaurus Aneh 'Setengah Bebek, Setengah Buaya'

Spinosaurus yang menakutkan layak dianggap salah satu ikon para dinosaurus. Badannya lebih besar dari T.rex, juga hewan-hewan purba karnivora lainnya.

Kini, para ilmuwan menemukan hal yang lebih menakjubkan dari makhluk yang satu ini: Spinosaurus jenis Spinosaurus aegyptiacus adalah satu-satunya dinosaurus yang diketahui beradaptasi untuk hidup nyaris seluruhnya di dalam air. Ia juga punya tonjolan tulang di punggungnya -- yang mirip layar -- yang tingginya di atas ukuran pria dewasa.

Sekitar 97 juta tahun lalu, dalam sistem sungai di wilayah yang kini menjadi Afrika, Spinosaurus aegyptiacus raksasa membelah air, menjerat ikan yang melewati celah gigi-giginya yang berbentuk kerucut.

Selengkapnya laporan para ilmuwan dalam jurnal ilmiah Science itu bisa di klik di sini

4. Alan Henning, Warga Inggris Kedua Target Eksekusi ISIS

Setelah mengklaim memenggal kepala warga Inggris bernama David Cawthorne Haines, kelompok ISIS mengancam akan membunuh sandera berikutnya dari negara yang sama.

Dilansir dari BBC, Senin (15/9/2014), pria berkebangsaan Inggris yang akan dieksekusi kelompok Daulah Islamiyah itu disebutkan bernama Alan Henning.
 
Ancaman itu dilontarkan dalam video pemenggalan warga negara Inggris bernama David Haines, yang dipublikasikan ISIS akhir pekan. Kemunculan pria bernama Alan Henning ditunjukkan pada bagian akhir rekaman tersebut.

Apa tanggapan Perdana Menteri Britania Raya David Cameron? Simak di tautan ini

5. Dewi Berjubah Transparan di Makam Kuno Kerabat Alexander Agung

Sebuah makam misterius berukuran raksasa ditemukan di Yunani, di bekas wilayah Makedonia. Diyakini, makam yang bagian mukanya 'dijaga' 2 patung sphinx berasal dari masa antara tahun 300-325 Sebelum Masehi. Mungkin terkait Alexander Agung.

Para arkeolog yang telah melakukan penggalian selama satu bulan di situs Amphipolis, 600 kilometer dari Athena kini telah memasuki tahap baru.

Setelah berminggu-minggu mencoba menyingkirkan tanah berpasir di dinding makam berusia 2.300 tahun itu, para arkeolog akhirnya menemukan pintu masuk ke ruang tiga yang disangga pilar patung perempuan berjubah nyaris transparan, yang disebut Caryatid.  

Saat tumpukan tanah disingkap di belakang patung 'penjaga', apa yang terjadi? Simak di sini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya