Sukses

Heboh Peta Wisata Mirip Bentuk Alat Kelamin Pria

Peta yang diterbitkan oleh Canal and River Trust sebenarnya menampilkan tujuan utama wisata kota tua itu. Seperti kastil, stasiun kereta.

Liputan6.com, London - Sebuah peta yang baru dicetak untuk panduan wisata Berkhamsted -- kota kecil 50 km barat laut London, menghebohkan para penggunanya. Sebab bentuknya menyerupai kelamin pria.

Dilansir dari BBC, Jumat (15/8/2014), peta yang diterbitkan oleh Canal and River Trust sebenarnya menampilkan tujuan utama wisata kota tua itu. Antara lain kastil, stasiun kereta dan kanal Grand Union.

Pihak penyulingan bir sepanjang kanal memuji peta itu, yang disebutnya hebat secara grafis. Namun muncul kehebohan di media sosial yang merujuk pada bentuk peta yang mirip alat kelamin lelaki.

Peta itu salah satu dari sejumlah peta yang dibuat Canal and River Trust sepanjang tahun lalu, untuk mempromosikan kawasan sekitar daerah aliran sungai Inggris.

Simon Salem dari Canal and River Trust mengaku mereka mungkin agak naif karena baru menyadari bentuk peta itu sesudah diributkan oleh beberapa pihak.

"Ini satu dari sekitar 100 peta yang kami promosikan. Memang, seperti dibilang di Facebook 'like a Willy' -- sebutan untuk alat kelamin laki-laki'. Kami tidak menyadarinya. Harusnya disadari lebih awal," ucap Simon.

"Mungkin bisa dibilang kami sedikit naif, tapi kanal-kanal itu panjang, lurus, dan ternyata ketika digambar dalam peta jadinya seperti itu bentuknya," jelas Simon.

Meski demikian, sambung Simon, jika ada orang datang, berarti peta itu bekerja dengan baik. Sesuai fungsinya menarik pengunjung.

Terkait kontroversi bentuk peta tersebut, walikota Berkhamsted Peter Matthews menuturkan bahwa balai kota tak memiliki andil dalam penerbitannya. Namun ia menyambut baik segala upaya yang dilakukan untuk mendongkrak wisata di wilayahnya.

Berkhamsted adalah kota kecil tempat Inggris menyerah kepada penguasa Normandia, William si Penakluk pada tahun 1066.

Penampakan fenomena alam menyerupai organ vital laki-laki ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, secara tak sengaja pembaca berita yang sedang melaporkan laporan cuaca juga menghubungkan titik terjadinya cuaca ekstrem sehingga menyerupai penis. Juga pernah ada gumpalan awan berbentuk Mr.P di langit Inggris. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.