Liput MH17, Jurnalis CNN Diculik di Ukraina

Oleh Tanti Yulianingsih pada 25 Jul 2014, 09:57 WIB
Diperbarui 25 Jul 2014, 09:57 WIB
Lliput MH17, Jurnalis Freelance CNN Diculik di Ukraina
Perbesar
Anton Skiba, wartawan freelance CNN yang diculik. (CNN)

Liputan6.com, Donetsk - Wartawan lepas atau freelance yang bekerja untuk CNN diculik di kawasan Donetsk, Ukraina timur. Anton Skiba dilaporkan menghilang pada hari Kamis 24 Juli.

Seperti dikutip dari VOA News, Jumat (25/7/2014), kasus ini adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan terhadap pekerja media dalam beberapa pekan ini.

Jaringan televisi Amerika itu menyiarkan berita penculikan Anton Skiba pada Kamis 24 Juli, dua hari setelah separatis bersenjata diduga membawanya dari sebuah kamar hotel di Kota Donetsk -- wilayah yang dikuasai pemberontak.

Skiba, pekan lalu bekerja untuk CNN dalam peliputan kecelakaan maut pesawat Malaysia Airlines MH17, sebelumnya sempat melapor pada Rabu 23 Juli bahwa ia sedang diinterogasi di markas besar Dinas Keamanan Donetsk

Sejauh ini, pihak CNN tengah melakukan berbagai upaya untuk membebaskan Skiba.

The Committee to Protect Journalists, suatu organisasi untuk melindungi wartawan di seluruh dunia, kemudian menyerukan pembebasan Skiba serta wartawan freelance Inggris Graham Phillips yang bekerja untuk saluran televisi milik negara Rusia, Russia Today.

Seorang juru kamera yang tak diketahui identitasnya, juga dilaporkan hilang bersamaan dengan hilangnya kedua jurnalis itu di dekat bandara Donetsk.

Saat sedang melaporkan langsung situasi konflik Gaza di Kota Ashkelon, yang menjadi wilayah pendudukan negeri zionis, seorang reporter BBC Arab, Feras Khatib juga diserang seorang warga Israel yang marah.

Khatib yang mengenakan rompi bertuliskan 'Press' sedang disorot kamera pada Selasa 22 Juni 2014 pukul 10.30 waktu setempat, saat seorang pria tiba-tiba mendekatinya dan sekonyong-konyong mendorongnya. (Ein)

Baca Juga:

Siaran Langsung Soal Gaza, Reporter BBC Diserang Warga Israel

Zionis, Obama, dan Tanah 3 Agama

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya