Sukses

Pesawat AirAsia Tergelincir ke Lahan Rumput

Foto-foto roda pesawat yang tergelincir dan masuk ke lahan berumput pun beredar luas di dunia maya.

Liputan6.com, Brunei - Insiden mengerikan menimpa maskapai penerbangan murah AirAsia, saat hendak melakukan pendaratan. Burung besi itu tergelincir dari landasan, masuk ke lahan berumput. Mengerikan.

"AirAsia AK278 tergelincir dari landasan pacu setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Brunei," kicau seorang pengguna Twitter Faisal Hussamuddin @faisalplex seperti dimuat News.com.au, Selasa (8/7/2014).

Pihak maskapai mengungkapkan dalam sebuah pernyataan, beruntung 102 penumpang dan 7 awak dalam kondisi selamat saat turun dari pesawat setelah kejadian.

"Berita Utama: @ AirAsia AK278 KUL (Kuala Lumpur) ke BWN (Bandar Seri Begawan) tergelincir dari landasan pacu di BWN hari ini. Semua Pax (penumpang) / kru Aman," info pengguna situs mikroblogging, Aircraft Retweet @AircraftRetweet.

Setelah kejadian itu, foto-foto roda pesawat yang tergelincir dan masuk ke lahan berumput pun beredar luas di dunia maya.

Dari foto-foto tersebut diketahui, roda pendaratan pesawat dalam kondisi penyok dan ditempeli banyak tanah. Sementara pada foto lainnya terlihat satu sisi badan pesawat terciprat tanah basah dari lahan rumput.

Dikutip dari Times Union, maskapai penerbangan AirAsia menguraikan dalam sebuah pernyataannya bahwa kini pihaknya sedang menyelidiki penyebab insiden tersebut.

Peristiwa serupa juga pernah terjadi di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand. Menimpa pesawat maskapai Thai Airways. Sebanyak 14 orang luka akibat insiden tersebut.

Roda pendaratan pesawat Airbus A330-300 yang tiba dari Guangzhou China itu tak berfungsi, membuat pesawat selip di landasan.

Penumpang pun segera dievakuasi menggunakan perosotan darurat. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini