Sukses

2 Pesawat Adu Moncong di Udara, 1 Pilot Hilang

Pesawat yang 'adu kepala' di udara itu adalah jenis Cessna 210 dan Hawker Sea Fury TMK 20. Masing-masing pesawat membawa satu orang.

Liputan6.com, San Fransisco - Dua pesawat kecil 'saling cium' di atas San Francisco Bay. Hanya satu pesawat yang berhasil mendarat dengan selamat.

"Seorang pilot hilang setelah kapal jatuh akibat bertabrakan," kata Juru bicara US Coast Guard, Loumania Stewart dilansir dari USA Today, Senin (28/4/2014).

Stewart mengatakan, pencarian di dalam air sedang berlangsung. Sebab terlihat ada puing-puing pesawat, tak lama setelah terjadi tabrakan pada Minggu 27 April sore waktu setempat.

"Sebuah perahu milik Coast Guard, 3 kapal penyelamat dan helikopter terlibat dalam pencarian itu," urai Stewart.

Juru bicara Federal Aviation Administration (FAA), Ian Gregor menuturkan, pesawat yang 'adu moncong' di udara itu adalah jenis Cessna 210 dan Hawker Sea Fury TMK 20. Masing-masing pesawat membawa satu orang.

"Cessna jatuh ke dalam air, dan pilot Hawker mampu mendarat dengan selamat di bandara kecil," jelas Gregor.

Pilot Hawker Sea Fury TMK 20, sambung Gregor, tak mengalami luka sedikit pun setelah mendarat di bandara Eagle Nest, Virginia.

Gregor mengungkapkan, kedua pesawat lepas landas dari Half Moon Bay, sekitar 20 km sebelah selatan dari San Francisco. Menurut catatan FAA, pesawat Hawker terdaftar milik Sanders Aeronautics Inc di Ione.

Jika pencarian pesawat tersebut bisa langsung dilakukan, dan terlihat puing di atas San Fransico Bay, tak demikian dengan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 8 Maret.

Pesawat tersebut sudah sebulan lebih belum juga ditemukan. Nasib 239 orang yang berada di dalam pesawat Boeing 777-200 ER itu pun belum diketahui. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.