Sukses

Bus Tabrak Truk Trailer di Pakistan, 42 Nyawa Melayang

Sebuah bus sarat penumpang yang melaju dengan cepat menabrak truk trailer. "selamatkan kami, selamatkan kami'," teriak para penumpang.

Liputan6.com, Karachi - Sebuah bus yang melaju cepat menabrak truk trailer di Sindh, Pakistan. Kecelakaan yang terjadi pada Minggu 20 April 2014 itu menyebabkan 42 nyawa melayang.

"Termasuk 14 anak (tewas), dan melukai lebih dari selusin orang. Dan banyak yang dalam kondisi kritis," kata polisi seperti dilansir dari Daily News Pakistan, Senin (21/4/2014).

Beberapa penumpang terjebak di dalam bus berwarna merah muda yang hancur, setelah menabrak dalam kecepatan tinggi di kota Sukkur, 425 kilometer utara Karachi.

Polisi telah mendapatkan bantuan eksavator, untuk menarik truk trailer yang ringsek ditabrak bus. Sementara tim penyelamat lannya berjuang untuk menarik keluar penumpang yang terjebak.

Salah satu saksi mata mengatakan, ia melihat beberapa penumpang meminta tolong. "Mereka menjerit dan berteriak 'selamatkan kami, selamatkan kami'," katanya kepada wartawan.

"Sebagian besar penumpang terperangkap di antara tempat duduk mereka. Kami menyelamatkan dengan memotong tubuh bus dengan pemotong logam," kata seorang pejabat senior polisi, Muhammad Faisal.

Lanjut Faisal, bus diduga melaju kencang dan berusaha menyalip truk trailer. Namun ketika berbelok bus sulit dikendalikan. Tabrakan itu begitu parah, 25 penumpang tewas di tempat.

Korban tewas termasuk 6  dari 10 orang pada 1 keluarga yang bepergian di bus, untuk mengunjungi kerabat mereka di Karachi.

"Kami 10 orang dari 1 keluarga. Enam dari mereka tewas ," kata remaja 18 tahun, Maryam Bibi sambil menangis. Bibi selamat dari kecelakaan itu bersama dengan kakaknya yang berusia 6 tahun.

Menurut penuturan perwira polisi senior Sukkur, Fida Hussain Shah, sopir bus juga tewas di tempat kecelakaan. Sementara pengemudi truk trailer mengelami luka serius.

"Korban tewas termasuk 14 anak-anak dan 13 wanita," urai Fida menegaskan bahwa bus berkecepatan tinggi adalah penyebab kecelakaan.

Inspektur Polisi Jalan Raya Faisal Abdullah yang berada di lokasi kecelakaan, juga mengungkapkan hal serupa terkait penyebab kecelakaan. Menurutnya, kecelakaan terjadi akibat kelalaian sopir bus ketika mencoba menyalip dari sisi yang salah.

Pakistan memiliki salah satu catatan terburuk di dunia terkait kecelakaan lalu lintas fatal. Kondisi jalan yang buruk, kendaraan yang tidak terpelihara dan cara mengemudi sembrono menjadi penyebab utamanya.

Kecelakaan juga terjadi pada awal bulan ini di Punjab. 16 orang tewas dan 49 luka-luka ketika sebuah truk kelebihan beban jatuh ke jurang. Lalu tabrakan antara 2 bus dan sebuah truk muatan bensin pada akhir Maret, menewaskan 35 orang. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini