Sukses

Gempa dan Tsunami Lagi di Chile! Presiden Dievakuasi dari Hotel

Gempa kembali mengguncang Chile. Kali ini lindu berkekuatan 7,6 skala Richter.

Liputan6.com, Arica Gempa kembali mengguncang Chile. Kali ini, menurut Badan Survey Geologi Amerika Serikat (USGS), lindu berkekuatan 7,6 skala Richter.

Versi lain menyebut, kekuatannya 7,8 SR. Badan meteorologi setempat mengumumkan, gelombang tsunami berpotensi terjadi.

Menyusul kejadian itu, Presiden Chile, Michelle Bachelet, langsung dievakuasi dari hotel tempatnya menginap di Kota Arica.

Seperti dikabarkan Reuters, Kamis (3/3/2014), presiden perempuan itu sedang mengunjungi area untuk meninjau dampak gempa 8,2 skala Richter Selasa malam waktu setempat, atau Rabu pagi WIB.

Pusat gempa teranyar berlokasi 19 kilometer selatan pelabuhan Iquique pada kedalaman yang relatif dangkal yakni 20 kilometer. Awalnya, dikabarkan gempa tersebut berkekuatan lebih kecil yakni 7,4 skala Richter.

Tsunami Kecil

Tsunami pertama akibat gempa 7,8 SR  telah mencapai garis pantai Chile. Demikian dilaporkan Angkatan Laut negara tersebut.

Pacific Tsunami Warning Center mengatakan,  aktivitas gelombang tsunami di pantai Chile mencapai ketinggian 0,7 meter. Peringatan tsunami untuk Chile dan Peru kini telah dibatalkan. (Yus Ariyanto)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini