Sukses

Cari Pesawat MH370, Tim Pencari Jalan Sendiri-sendiri

Upaya pencarian puing dan kotak hitam pesawat MH370 berlanjut. Namun pencarian yang melibatkan puluhan negara ini berjalan sendiri-sendiri.

Liputan6.com, Perth - Pesawat Australia yang menjelajahi Samudera Hindia berhasil mendeteksi setidaknya 4 objek berwarna oranye sebelum kembali ke Pangkalan Udara Pearce di Perth, Australia. Namun penemuan ini masih akan diselidiki lebih lanjut, apakah objek tersebut serpihan dari pesawat MH370 atau bukan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin 31 Maret 2014, selain dari jalur udara, Australia juga mengintensifkan pencarian lewat jalur laut.

Kapal Angkatan Laut Australia, Ociean Shield yang dilengkapi perangkat pendeteksi keberadaan kotak hitam di bawah laut juga telah bergerak. Banyak objek telah terdeteksi setelah tim pencari Australia bergerak hingga 1.100 kilometer.

Pencarian di wilayah lainnya juga dilakukan militer negara Tiongkok. 8 Kapal Tiongkok berupaya menjelajahi wilayah baru seluas sekitar 1,15 juta kilometer per segi di Samudera Hindia. Tim pencari berupaya menemukan kotak hitam pesawat sebelum baterai kotak hitam habis.

Sayangnya pencarian yang melibatkan puluhan negara ini berjalan sendiri-sendiri tanpa adanya kerja sama antartim pencari. Persaingan kawasan dan keengganan berbagi informasi menjadi alasan keamaan sebagai penghambat misi pencarian.

Karena itu, Australia telah membentuk sebuah badan yang akan mengawasi penyelidikan. Australia juga menciptakan protokol yang harus disepakati negara-negara yang terlibat pencarian pesawat MH370 terkait objek-objek yang ditemukan. (Rinaldo)

Baca juga:
Cari MH370, Australia Tangkap Sinyal Darurat di Samudera Hindia
`Missed Calls` dari WNI Penumpang MH370? Ini Kata Malaysia
[VIDEO] Tim Selandia Baru Temukan Objek Baru Puing MH370

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini