Sukses

Awas, Sirip Hiu Mengandung Merkuri

Penelitian Wildaid Asia di Thailand menemukan kandungan merkuri yang menempel di sirip hiu mencapai 43 persen. Sebanyak 70 persen sirip hiu yang dijual di Thailand terkontaminasi merkuri.

Liputan6.com, Bangkok: Anda penggemar berat sup sirip ikan hiu? Ada informasi penting soal itu. Penelitian Wildaid Asia di Thailand Mei silam, menemukan kandungan logam merkuri dalan sirip hiu. Kandungan racun yang menempel di sirip hiu itu mencapai 42 persen. Gawatnya, lembaga swadaya masyarakat lingkungan hidup itu juga menemukan 70 persen ikan hiu yang dijual di Thailand mengandung merkuri.

Hingga kini, penggemar sup sirip hiu terutama di Asia mencapai bilangan jutaan. Padahal, kadar merkuri yang termasuk aman dalam darah adalah 0,5 bagian per juta. Kandungan merkuri yang melebihi ambang batas itu bakal merusak sistem syaraf khususnya pada janin atau anak di bawah lima tahun. Merkuri juga dapat mengacaukan organ reproduksi dan dan sistem kekebalan tubuh. Sup sirip hiu digemari banyak konsumen karena harganya lumayan terjangkau. Selain Thailand, Hongkong adalah negara pengkonsumsi sup sirip hiu terbesar di dunia.(TNA/Jsi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.