Sukses

<i>Apocalypto</i> Digugat

Sineas asal Meksiko, Juan Mora Cartlet mengklaim film <i>Apocalypto</i> secara visual menjiplak film garapannya 10 tahun silam. Kendati belum akan mengambil tindakan hukum, Cartlet ingin memastikan hasil karyanya dihargai.

Liputan6.com, Mexico City: Film an >Apocalypto garapan Mel Gibson digugat seorang sineas asal Meksiko, baru-baru ini. Juan Mora Cartlet mengaku film berlatar belakang kebudayaan suku Indian Maya itu secara visual serupa dengan film garapannya dengan tema yang sama 10 tahun silam.

Film yang menggunakan bahasa asli suku Indian Maya tersebut tahun lalu menjadi film terlaris di Amerika Utara. Film ini juga masuk nominasi Piala Oscar untuk kategori tata rias terbaik. Tapi di balik itu, film ini memang kontroversial. Aktivis di Guatemala menuding film ini rasis. Namun Mel Gibson menolak tudingan itu.

Juan Mora Cartlet juga menyerang Mel Gibson dengan mengklaim ide tata rias yang dipakai di Apocalypto sama dengan film garapannya satu dekade silam. Kendati belum akan mengambil tindakan hukum, Cartlet ingin memastikan hasil karyanya dihargai. Hingga kini pihak Gibson belum memberikan komentar atas kasus ini.(YAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini