Sukses

Manfaat Teh Hijau buat Kesehatan

Serangkaian penelitian membuktikan bahwa minum teh hijau dan menjaga kesehatan gigi sangat berkhasiat untuk mengusir berbagai penyakit. Teh hijau juga terbukti dapat mencegah jenis kanker tertentu.

Liputan6.com, Florida: Bagi penggemar minuman teh hijau dan yang suka memperhatikan kesehatan gigi kini tak perlu khawatir dengan kondisi tubuhnya. Soalnya, serangkaian penelitian membuktikan bahwa dua faktor itu sangat berkhasiat untuk mengusir berbagai penyakit.

Baru-baru ini, para peneliti asal Universitas South Florida menemukan, kandungan antioksidan seperti flavonoid di dalam teh hijau melindungi otak hingga 54 persen dari risiko penyumbatan otak oleh lapisan plak--penyebab penyakit alzheimer. Teh hijau juga terbukti dapat mencegah jenis kanker tertentu.

Sebelumnya para peneliti asal Universitas North Carolina meneliti 400 orang yang memiliki geraham bungsu--gigi yang tumbuh pada usia 17 sampai 25 tahun. Karena tersulit untuk dijaga kebersihannya, geraham bungsu ternyata rentan terserang penyakit gusi. Terbukti seratus pasien berusia 20 tahunan mengidap penyakit periodontal atau radang gusi.

Bakteri pada gusi yang terinfeksi dapat mendatangkan berbagai penyakit, mulai dari sakit ginjal hingga sakit jantung dan stroke. Selain itu, menurut Akademi Periodontologi AS, wanita hamil yang sakit radang gusi, tujuh kali lebih mungkin untuk melahirkan bayi prematur.(IAN/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.