Intip Serunya Pameran Pesona Batik Wastra Nusantara

Oleh Meita Fajriana pada 27 Sep 2018, 08:56 WIB
Diperbarui 29 Sep 2018, 08:13 WIB
Pameran batik

Liputan6.com, Jakarta Batik merupakan salah satu wastra nusantara yang perlu untuk dilestarikan. Salah satu gelaran yang sering dilakukan untuk membuat eksistensi batik semakin baik dengan menggelar pameran.

Seperti yan dilakukan oleh pusat perbelanjaan Summarecon Mal Kelapa Gading (MKG). Untuk ke-3 kalinya MKG mempersembahkan event tahunan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, yaitu Pesona Batik Wastra Nusantara. Acara ini digelar pada tanggal 26 September-7 Oktober 2018.

“Pameran batik ini bertujuan untuk dapat semakin memperkaya wawasan masyarakat akan wastra Indonesia, sekaligus berkontribusi untuk meningkatkan eksistensi industri lokal. Salah satu hal baru yang kami tampilkan tahun ini adalah pameran selendang Indonesia. Jika batik biasanya populer sebagai busana atau kain untuk fashion draping, kali ini kami pamerkan keindahan selendang Indonesia berbahan batik,” kata Tommy L. Center Director Summarecon Mal Kelapa Gading seperti rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (27/9/2018).

Rangkaian acara Pesona Batik Wastra Nusantara akan berlangsung selama periode 12 hari ini. Beragam rangkaian event akan dihadirkan, diantaranya Bazaar Gallery Batik yang didukung oleh Adi Wastra Nusantara, yaitu bazar batik yang memberikan banyak variasi pilihan batik dengan kualitas terbaik dari para pengrajin pengusaha batik ternama.

 

2 dari 3 halaman

Pesona Batik Wastra Nusantara

Pameran batik
Mengintip serunya pameran Pesona Batik Wastra Nusantara di Mal Kelapa Gading. (Foto: Dok. Mal Kelapa Gading)

Pengrajin batik yang ikut serta diantaranya Padi dari Jakarta, Pesona Batik Madura dari Madura, Canting Wira SRBY dari Surabaya, RPG Batik Sutera Garut dari Garut, Batik Cahyo dari Pekalongan, Batik Tatik Sriharta dari Solo, Galeri Batik Jawa dari Yogyakarta, dan masih banyak lainnya.

Exhibition Selendang Indonesia serta Batik Fashion Parade by Indonesian Designers juga akan digelar di area The Forum, MKG 3 lantai dasar. Batik Fashion Parade menampilkan fashion show koleksi batik dari para pengrajin dan pengusaha batik Indonesia dan desainer Indonesia ternama, di antaranya yaitu Purana Indonesia, Mahadevi, dan Handy Hartono.

 

3 dari 3 halaman

Rangkaian acara Craft Village

Pameran batik
Mengintip serunya pameran Pesona Batik Wastra Nusantara di Mal Kelapa Gading. (Foto: Dok. Mal Kelapa Gading)

Tidak hanya wastra Nusantara, MKG juga kembali menghadirkan unsur kerajinan tangan dalam Craft Village. Dihadirkan juga Craft & Ideas Workshop untuk belajar membuat kerajinan tangan sendiri.

Kali ini Craft & Ideas Workshop menggandeng beberapa partner seperti Rumah Sanur dari Bali yang terkenal sebagai creative hub di Sanur, Wastra Loka dari Yogyakarta dengan ide kreatifnya mengaplikasikan motif wastra Nusantara pada media selain kain, dan Heart Lab dari Bali dengan kreasi unik menggunakan kertas daur ulang.

Keseruan pameran batik ini juga akan dilengkapi dengan penampilan sederet aktris kenamaan tanah air yakni Andien dan Angel Pieter. Selain itu, juga ada Shoppers Program, yaitu Shopping Rewards berupa voucher belanja sebesar Rp 50.000,- untuk setiap pembelanjaan minimum Rp 750.000 di Bazaar Gallery Batik.

Lanjutkan Membaca ↓