Ketahui 3 Mitos Perawatan Kulit yang Keliru

Oleh Meita Fajriana pada 19 Sep 2018, 10:30 WIB
Diperbarui 19 Sep 2018, 10:30 WIB
Mitos perawatan kulit

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki jenis dan tipe kulit masing-masing yang berbeda-beda. Sehingga belum ada standar yang menyamakan hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada kulit Anda.

Banyaknya mitos yang popular di masyarakat membuat Anda salah dalam menentukan perawatan kulit yang tepat. Masih banyak mitos yang keliru tentang perawatan kulit. Padahal perawatan tersebut seharusnya dilakukan sesuai dengan kondisi kulit masing-masing orang.

Anda harus memperhatikan fakta yang tepat sehingga tidak memperburuk kondisi kulit. Berikut tiga mitos perawatan kulit yang keliru dan harus Anda perhatikan, seperti dilansir dari situs Boldsky, Rabu (19/9/2018).

1. Makeup memicu jerawat

Menggunakan makeup dapat memicu munculnya jerawat merupakan mitos. Kulit Anda memang bisa saja bermasalah seperti munculnya jerawat, namun hal ini biasanya karena pemilihan poduk yang tidak tepat dan tidak membersihkan makeup secara sempurna. Anda dapat tenang menggunakan makeup dengan menggunakan produk yang tepat, serta rutin membersihkannya setiap akan tidur di malam hari.

 

2 dari 3 halaman

Flek hitam

Mitos perawatan kulit
Berikut tiga mitos perawatan kulit yang keliru dan popular di masyarakat. (Foto: iStockphoto)

2. Saat Anda menua akan muncul flek hitam

Flek hitam akibat pigmentasi tidak selalu hadir saat Anda tua. Permasalahan kulit ini muncul bahkan lebih cepat karena kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen. Bahaya sinar matahari yang membuat flek hitam muncul pada kulit. Jika Anda rutin melindungi kulit dengan dengan sunscreen, flek hitam bisa dihindari.

 

3 dari 3 halaman

Scrubbing membuat kulit bebas minyak

Mitos perawatan kulit
Berikut tiga mitos perawatan kulit yang keliru dan popular di masyarakat. (Foto: iStockphoto)

3. Scrubbing membuat kulit bebas minyak

Eksfoliasi atau scrubbing merupakan salah satu perawatan kulit untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih sehat. Namun sebuah mitos jika menggunakan scrub setiap hari dapat membantu mengontrol minyak berlebih pada kulit. Faktanya, scrubbing setiap hari dapat merusak kulit karena kehilangan minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit.

Lanjutkan Membaca ↓