Sukses

Tips Mengetahui Masa Kedaluwarsa Tabir Surya

Simak di sini beberapa tips untuk memeriksa masa kedaluwarsa dari produk tabir surya Anda.

Liputan6.com, Jakarta Ya, tabir surya bisa kedaluwarsa. Bahkan sebagian besar produk kecantikan memiliki masa kedaluwarsa tersendiri pada labelnya.

Masih banyak orang tidak menyadarinya, karena masa kedaluwarsa produk kecantikan berbeda dengan makanan. Jadi, sebaiknya Anda berhati-hati ketika akan membeli produk tabir surya tertentu, pastikan untuk memeriksa masa kedaluwarsanya terlebih dahulu.

Dilansir dari realsimple.com, Senin (17/9/2018), sebuah investigasi yang dilakukan oleh Good Morning America menemukan bahwa ternyata beberapa toko populer masih menjual produk tabir surya melewati masa kedaluwarsanya. Masa kedaluwarsa untuk produk tabir surya bisa terlihat dalam beberapa bentuk dan terkadang beberapa di antaranya sulit dipahami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produk tabir surya memiliki label kedaluwarsa yang berbeda-beda

Beberapa diketik dengan jelas dan langsung terlihat di bagian yang mudah ditemukan. Sementara yang lainnya bisa berupa rangkaian angka-angka yang rumit.

Produk tabir surya dari label Banana Boat menggunakan cara yang cukup rumit untuk menuliskan masa kedaluwarsanya. Dua angka pertama mewakili tahun produk tersebut diproduksi, sementara tiga angka berikutnya menunjukkan hari yang tepat dalam setahun.

3 dari 3 halaman

Cara membaca masa kedaluwarsa dari produk tabir surya tertentu

Jadi, lain kali Anda menemukan angka 17364, berarti itu adalah 30 Desember 2017. Jika Anda menemukan produk tabir surya yang tidak memiliki masa kedaluwarsa, maka produk tersebut harus langsung dibuang dalam waktu tiga tahun setelah pembelian.

Seperti kebanyakan produk kecantikan, tabir surya harus disimpan dalam kondisi tertentu agar tidak rusak sebelum waktunya. FDA menganjurkan untuk menyimpan tabir surya dengan cara membungkusnya dalam handuk, diletakkan di tempat yang teduh, atau menaruhnya di dalam kulkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.