Sukses

Tips Melindungi Kulit Sensitif Saat Harus Olahraga di Luar Ruangan

Inilah hal-hal yang harus Anda lakukan ketika memiliki kulit sensitif, namun harus melakukan olahraga di luar ruangan. Sudah pernah coba?

Liputan6.com, Jakarta Jenis kulit sensitif mungkin menjadi kulit yang paling sulit dirawat, terutama dalam beberapa kondisi tertentu. Namun, jangan khawatir, kulit sensitif tidak harus membuat Anda menjadi orang yang serba salah.

Bahkan Anda yang memiliki kulit sensitif masih bisa melakukan olahraga di luar ruangan. Beberapa hal yang harus diingat adalah tidak mengenakan riasan apapun, menggunakan tabir surya, dan tidak lupa untuk melembapkan kulit.

Mengapa Anda tidak boleh mengenakan makeup ketika melakukan olahraga? Lapisan makeup yang tebal dapat menghalangi kelenjar minyak yang mencoba mengeluarkan keringat selama Anda melakukan olahraga, berbahaya bagi kulit sensitif, seperti dilansir dari stylecaster.com, Minggu (9/9/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak boleh menggunakan makeup apapun

Ya, walaupun pori-pori tidak bisa dibuka dan ditutup secara teknis, sebum cair atau minyak dapat lebih mudah keluar dari pori-pori ketika Anda tidak menggunakan makeup. Makeup yang Anda gunakan selama melakukan olahraga dapat menghalangi keringat untuk melepaskan diri dari kulit dan mendinginkan tubuh.

Keringat yang bercampur dengan kotoran dan makeup dapat memblokir pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sensitif, atau kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis dianjurkan menggunakan pembersih muka yang lembut.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, makeup harus dihapus karena sel-sel kulit mati dan kotoran dapat menyumbat pori-pori. Anda disarankan menggunakan produk dengan kandungan asam glikolat untuk membersihkan kulit wajah dan melakukan pengelupasan lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Melembapkan kulit ketika cuaca di luar dingin

Selain itu, tidak peduli bagaimanapun cuacanya, Anda harus tetap menggunakan tabir surya ketika akan melakukan olahraga di luar ruangan. Para ahli menyarankan untuk memilih produk tabir surya yang mengandung zinc oxide sebagai bahan aktifnya.

Zinc Oxide adalah kandungan bahan aktif yang stabil dan dapat bekerja sangat baik pada kulit sensitif sekalipun. Jangan lupa untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 30.

Saat cuaca dingin, jangan lupa untuk melapisi pelembap, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif dan kering. Apa Anda masih sering melakukan olahraga di luar ruangan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.