Sukses

Mitos dan Fakta Seputar Perawatan Kecantikan dengan Masker Lembaran

Simak mitos dan fakta seputar masker lembaran di sini.

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan masker sebagai perawatan kecantikan dipercaya akan melembapkan dan menutrisi kulit. Dari sekian banyak jenis masker yang beredar di pasaran, masker lembaran yang cukup favorit saat ini.

Jika dulu menggunakan masker mengharuskan Anda untuk mencuci muka, kini dengan masker lembaran Anda hanya menepuk-nepuk wajah agar nutrisi pada serum terserap sempurna. Kepraktisan dari penggunaan masker lembaran membuatnya menjadi primadona.

Meski praktis, nyatanya banyak orang yang masih bingung bagaimana sebenarnya menggunakan masker lembaran ini. Dalam sebuah acara peluncuran masker asal Korea, dr. Melyawati Hermawan menuturkan beberapa hal yang menjadi mitos dan fakta dari penggunaan masker lembaran ini. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Masker lembaran harus dimasukkan ke dalam kulkas

Sheet mask biasanya mengandung serum yang memiliki bahan aktif. Bahan aktif memang akan rusak jika terpapar sinar matahari atau panas secara langsung. Namun jika dimasukkan ke dalam kulkas, bahan aktif ini akan semakin terlindungi. Selain itu, efek dingin dari masker yang dimasukkan ke dalam kulkas akan memberikan relaksasi pada kulit.

2. Satu sheet mask digunakan lebih dari sekali

Sheet mask yang digunakan akan mentransfer serum pada kulit dan menerima kotoran dari kulit. Sehingga hanya bisa digunakan dalam satu kali pemakaian. Jika Anda gunakan sheet mask lebih sekali, ada pertimbangan higienitas yang harus Anda pikirkan. Sekali digunakan, sheet mask sudah terpapar kotoran sehingga sangat berbahaya bagi kulit.

3. Menggunakan skin care lainnya

Anda masih menggunakan skin care lainnya seperti serum atau krim malam lainnya setelah menggunakan sheet mask. Tahapannya bersihkan wajah terlebih dahulu, gunakan toner, dan kemudian sheet mask. Gunakan sheet mask selama 15-20 menit kemudian tepuk-tepuk wajah sebentar dan aplikasikan serum atau krim malam favorit Anda.

3 dari 3 halaman

4. Menggunakan sheet mask dua kali sehari

Tidak masalah jika Anda terlalu rajin menggunakan sheet mask hingga dua kali sehari. Namun pertimbangkan lagi apakah kulit Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Jika tidak, lebih baik tidak perlu digunakan agar tidak menguras kantong.

5. Menggunakan sheet mask ketika menggunakan obat dokter

Kebanyakan krim dari dokter akan menimbulkan efek eksfoliasi. Sehingga biasanya kulit akan mengelupas. Ketika mengelupas ini akan terasa gatal dan kaku. Sementara Anda bisa menggunakan sheet mask yang khusus untuk menghidrasi kulit. Sehingga rasa kaku dan gatal akan berkurang. Terlebih biasanya eksfoliasi dari krim dokter ini akan mengurangi kelembapan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.