Sukses

Fakta Tersembunyi di Balik Tanggal Kedaluwarsa Produk Kecantikan

Ternyata, inilah beberapa fakta tersembunyi di balik tanggal kedaluwarsa produk kecantikan, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda ketahui tentang tanggal kedaluwarsa produk kecantikan? Apakah Anda termasuk kelompok pengguna yang taat atau melewatkannya beberapa hari pun tak masalah?

Sebelum Anda merasa bingung, dilansir dari newbeauty.com, Kamis (6/9/2018), berikut ini adalah beberapa fakta yang harus diketahui tentang tanggal kedaluwarsa produk kecantikan. Penasaran apa saja?

1. Pedomannya sukarela

FDA tidak mengharuskan produsen untuk mencetak tanggal kedaluwarsa pada produk kecantikan mereka. Namun, sebagian besar produk kecantikan direkomendasikan untuk diuji selama rentang waktu tiga tahun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produk kecantikan mata dan alami harus memiliki pertimbangan khusus

2. Produk kecantikan mata perlu pertimbangan tambahan

FDA mengakui bahwa produk kecantikan apapun yang mendekati atau diaplikasikan di daera mata memerlukan perhatian khusus. Selain itu, FDA juga memberi aturan bahwa maskara harus dibuang dalam waktu dua hingga empat bulan setelah pembelian atau dibuang segera jika Anda mengalami infeksi.

3. Semua produk kecantikan alami memerlukan perhatian khusus

Menurut FDA, produk kecantikan alami biasanya memiliki usia simpan yang lebih pendek, terutama jika tidak menggunakan pengawet.

3 dari 3 halaman

Tabir surya memiliki aturan yang cukup ketat

4. Tabir surya memiliki aturan pemakaian yang cukup ketat

Karena tabir surya secara teknis diatur sebagai obat bebas, produk kecantikan ini mendapatkan tingkat ketelitian yang lebih tinggi ketika berbicara tentang tanggal kedaluwarsa. Kebanyakan tabir surya telah mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada sebuah label.

Anda bisa menggunakannya berdasarkan label yang tercetak. Atau aturan praktis lainnya adalah jika warna atau konsistensinya sudah terlihat berbeda dari saat Anda membelinya, buang saat itu juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.