Sukses

Sering Pakai Sepatu High Heels? Ketahui 5 Risikonya

Kerap mengenakan sepatu high heels untuk kegiatan sehari-hari? Ini risikonya.

Liputan6.com, Jakarta Sepatu hak tinggi atau sepatu heels memang selalu membuat penampilan penggunanya terlihat lebih menarik, feminin dan percaya diri. Tapi sayangnya, bagi Anda pencinta sepatu high heels, ternyata ada beberapa bahaya yang perlu Anda ketahui.

Dilansir dari TheList, Kamis (6/9/18), berikut lima hal yang perlu Anda waspadai saat Anda terlalu sering menggunakan sepatu high heels.

Perhatikan otot betis

Jika menggunakan sepatu high heels sesekali mungkin tidak akan menjadi masalah bagi kaki Anda. Masalah akan muncul saat Anda menggunakan sepatu high heels sepanjang waktu tanpa henti sehingga menyebabkan nyeri tumit. Menurut seorang ahli penyakit kaki di California Selatan, Dr. Samira Mehrizi mengungkapkan bahwa tidak hanya nyeri, sepatu tinggi dapat memicu gangguan pada otot betis dan memperburuk plantar fascitis. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengurangi penggunaan sepatu high heels terlalu sering agar otot betis dapat normal kembali.

Merusak syaraf pada jari kaki

Tidak hanya menimbulkan cedera pada betis dan tumit, ternyata terlalu sering menggunakan heels dapat merusak syaraf yang ada di sekitar jari-jari kaki. Maka tidak jarang Anda akan merasakan sensasi terbakar, kesemutan dan mati rasa.

Sakit pada punggung

Penggunaan sepatu tinggi ternyata memberikan tekanan pada tulang punggung sehingga Anda akan merasakan sakit yang luar biasa pada area punggung dan pinggang. Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan flat shoes agar dapat meminimalisir rasa sakit yang berkelanjutan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infeksi akibat jamur

Sepatu hak tinggi mampu memberikan tekanan yang konstan pada jari kaki terutama jempol sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada kuku kaki. Kuku kaki yang rusak tersebut akan rentan terhadap infeksi jamur yang pastinya akan membuat kuku kaki Anda kotor dan bau.

 

3 dari 3 halaman

Muncul Bunion dan Hammertoes

Masalah yang lebih parah yang disebabkan oleh penggunaan sepatu high heels secara rutin adalah munculnya bunion dan hammertoes pada kaki. Bunion adalah benjolan tulang yang muncul pada jempol kaki. Sedangkan hammertoes adalah sendi yang melengkung sehingga jari kaki terlihat seperti palu ataupun bengkok. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak menggunakan sepatu high heels secara terus menerus agar dapat meminimalisir cedera pada tubuh.

*(Latifah Gusri)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.