Sukses

Songket Palembang Disulap Jadi Jaket Sporty Asian Games oleh Didiet Maulana

Motif songket Palembang yang etnik berubah menjadi tampilan segar dan stylish dalam jaket edisi khusus Asian Games oleh desainer Didiet Maulana.

Liputan6.com, Jakarta Bentuk dukungan pada pesta olahraga terbesar se-Asia Asian Games 2018 hadir dengan berbagai cara. Seperti dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) yang berkolaborasi dengan desainer fashion Didiet Maulana dalam merancang sebuah jaket.

Menggaet Didiet Maulana pasti identik dengan kain khas Indonesia. Dalam rangka pesta olahraga, Didiet memilih potongan yang sporty dan menunjang gaya athleisure.

Karena itu, model bomber terpilih menjadi jaket Asian Games rancangan Didiet Maulana. Ia terinspirasi songket Palembang sebagai konsep utama. "Bukan songket asli yang ditenun tapi printing," ujar Didiet saat dihubungi liputan6.com.

 * Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaket Kaya Makna

Namun, di tangan Didiet Maulana, songket Palembang bisa berubah total. Bayangan tentang songket Palembang yang etnik berubah menjadi motif keren yang muda dan stylish.

Permainan motif blocking membuat jaket ini mempunyai tiga layer. Motif pertama menyerupai telapak tangan dengan kelima jarinya. Lima jari melambangkan sila Pancasila.

“Untuk melambangkan energi, semangat, motivasi, dan kepercayaan diri, saya menyusun lima telapak sehingga menyerupai tangan yang sedang bergandengan, yang mengisyaratkan tanda persatuan tanpa pandang bulu dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas, persahabatan, dan juga kerja sama antar negara yang ikut Asian Games 2018,” jelas Didiet Maulana.

3 dari 3 halaman

Kerah Bomber/Beskap

Sementara itu, visualisasi amplitudo lagu "Indonesia Raya" jadi konsep utama dari motif kedua. Terakhir adalah bentuk sayap Garuda yang terinspirasi lambang negara Indonesia dan perwujudan ideologi bangsa.

Selain memasukkan unsur dari Kota Palembang, tersemat juga budaya dari Pulau Jawa, sebagai representasi Jakarta lewat kerah jaket yang menyerupai beskap. Susunan pola tersebut tampak seperti bendera merah putih.

"Jaket ini diproduksi limited 300 dan disiapkan untuk para influencer," tutup Didiet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.