Sukses

Kesalahan Merawat Kulit yang Bisa Buat Anda Tampak Lebih Tua

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam merawat kulit yang bisa membuat penampilan Anda tampak lebih tua.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang, khususnya kaum wanita mulai mengenal makeup terlebih dahulu sebelum memahami bagaimana caranya merawat kulit, apakah Anda salah satunya? Mungkin Anda juga masih berusaha menutupi segala kekurangan yang ada di wajah dengan makeup?

Dilansir dari thelist.com, Jumat (31/8/2018), berikut ini adalah beberapa kesalahan saat merawat kulit yang bisa buat Anda tampak lebih tua. Penasaran?

1. Tidur dengan wajah penuh makeup

Mencuci muka dua kali dalam sehari adalah wajib untuk mendapatkan kulit yang sehat. Dalam sehari, kulit Anda bisa bersinggungan dengan banyak hal, seperti keringat, makeup, polutan, dan bakteri, sehingga proses membersihkan dan mencuci muka adalah satu hal yang tidak bisa ditawar.

2. Melewatkan pelembap

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak sekalipun wajib menggunakan pelembap. Pelembap berfungsi menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari dan mencegah munculnya kerutan dan garis-garis halus.

3. Hanya menggunakan tabir surya di waktu-waktu tertentu

Menjaga kulit dari paparan sinar matahari adalah kunci untuk tetap membuat kulit sehat. Jika di daerah Anda sedang sangat panas, maka gunakan tabir surya secara rutin dengan kandungan SPF setidaknya 50.

4. Tidak cukup minum air

Selain pelembap, kunci untuk menjaga kelembapan kulit adalah dengan rajin minum air. Air akan membantu menjaga sistem tubuh berjalan lancar, yang pada gilirannya, menjaga kulit untuk berfungsi dengan baik juga.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengelupasan dan berpikir bahwa produk tertentu berfungsi sama untuk semua orang

5. Menghindari pengelupasan

Tidak hanya mencuci muka, namun melakukan pengelupasan atau eksfoliasi secara rutin juga sangat penting untuk dilakukan. Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, maka berhati-hatilah dalam memilih produk pengelupasan dan lakukan satu kali saja dalam satu minggu.

6. Terlalu banyak melakukan pengelupasan

Pengelupasan berlebihan dapat merusak kulit, menyebabkan peradangan kronis, kepekaan, dan kulit menjadi sangat reaktif. Ketika kulit sedang dalam keadaan sensitivitas tinggi, maka ia lebih rentan terhadap jerawat, pigmentasi, dan kekeringan.

7. Berpikir bahwa semua produk bekerja sama untuk semua orang

Daripada Anda memiliki suatu produk perawatan kulit karena kemasannya atau harga, lebih baik cari tahu keadaan kulit diri sendiri dan cari produk terbaik yang bisa bekerja paling baik untuk kondisi kulit tersebut. Kulit kering membutuhkan banyak pelembap, serum, atau foundation dengan tekstur cair atau krim.

Kulit berminyak atau kombinasi bisa lebih banyak mengandalkan produk matte yang dapat menyerap minyak atau membantu memerangi kilau. Jenis kulit ini cenderung cocok dengan pelembap bebas minyak dan bubuk atau produk berbasis air.

3 dari 3 halaman

Waktu tidur, diet, dan memencet jerawat

8. Melewatkan waktu tidur

Kebiasaan tidur yang buruk dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk peningkatan lemak pada perut dan tekanan darah tinggi. Kualitas tidur yang buruk juga bisa menyebabkan Anda mengalami penuaan dirini, dermatitis, eksim, jerawat, produk kolagen yang hilang, dan hormon yang tidak seimbang.

9. Mengabaikan diet yang sehat

Gaya hidup dan nutrisi adalah salah satu faktor penuaan terbesar yang berkaitan dengan kulit. Diet tinggi gula dan karbohidrat putih bisa menyebabkan kulit tampak pucat dengan elastisitas yang merosot, dan pori-pori tampak lebih besar.

10. Memencet jerawat

Memencet jerawat bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti iritasi, bekas luka, bahkan kerutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.