Mandi di Pagi dan Malam Hari, Lebih Baik Mana?

Oleh Vinsensia Dianawanti pada 29 Agu 2018, 10:30 WIB
Diperbarui 29 Agu 2018, 10:30 WIB
20151024-Ilustrasi Mandi dan Berendam Bathtub (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi Mandi dan Berendam Bathtub

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang Indonesia kebanyakan melakukan aktivitas mandi paling tidak dua kali sehari. Dilakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas dan malam hari sesudah aktivitas berakhir. Namun sebenarnya, waktu manakah yang paling baik untuk mandi? Pagi atau malam hari?

Dikutip dari Real Simple pada Selasa (28/8/2018), seorang ahli menuturkan bahwa mandi sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu Anda tidur lebih cepat. Untuk itu, mandi di malam hari sebenarnya memiliki manfaat yang lebih baik.

Menjadikan mandi malam memiliki manfaat yang lebih baik adalah dengan melakukan mandi malam secara benar. Elizabeth Culnan, seorang doktor di Rush University Medical Center menyarankan agar melakukan mandi 1,5 hingga 2 jam sebelum tidur.

 

2 dari 3 halaman

Menghangatkan tubuh

20151024-Ilustrasi Mandi dan Berendam Bathtub (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi Mandi dan Berendam Bathtub

Mandi di malam hari sebenarnya dapat menghangatkan tubuh dan memungkinkan Anda untuk mengalami suhu tubuh yang lebih stabil untuk tidur. Mandi malam biasanya cukup bermanfaat bagi iklim hangat.

Dalam cuaca yang panas mungkin agak sulit untuk mendapatkan penurunan suhu tubuh seccar alami yang diperlukan untuk tidur lebih baik. Sementara mandi bisa menjadi solusi alami untuk membantu menurunkan suhu.

Penurunan suhu tubuh sendiri dapat memperlambat denyut jantung, laju pernapasan, dan pencernaan kita. Ini akan membuat tubuh mengalami ritme untuk tidur yang lebih optimal. Namun, jangan mandi tepat sebelum tidur. Tubuh butuh proses untuk menyesuaikan suhu tubuh. Mandi tepat sebelum tidur sama saja memanaskan tubuh dan tidak memberikan waktu cukup untuk tubuh menurunkan suhunya.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat mandi pagi

20151024-Ilustrasi Mandi dan Berendam Bathtub (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi Mandi dan Berendam Bathtub

Sedangkan mandi pagi tidak memiliki keuntungan ilmiah yang nyata. Mandi di pagi hari hanya menjadi rutinitas sehari-hari dan memberikan isyarat eksternal pada tubuh bahwa ini saatnya untuk memulai hari.

Jika Anda memang hanya ingin membersihkan diri, tidak ada salahnya untuk melakukan mandi pagi maupun malam hari. Namun yang pasti, mandi malam memiliki manfaat lebih untuk memperbaiki kualitas tidur.

Lanjutkan Membaca ↓