Sukses

Serba Serbi Seputar Pori-Pori Kulit Anda

Simak di sini serba serbi pori-pori kulit dari mitos, fakta, dan bagaimana cara terbaik untuk mengurangi tampilannya.

Liputan6.com, Jakarta Pori-pori menjadi bagian dari kulit wajah dan tubuh dengan segala perawatan yang harus dilakukan hampir setiap hari. Tak hanya itu, pori-pori juga termasuk ke dalam salah satu sumber ketidaknyamanan banyak orang akan kondisi kulit mereka sendiri.

Dalam istilah yang paling sederhana, pori-pori adalah lubang pada area kulit yang memungkinkan cairan dan oksigen untuk keluar dan masuk, seperti dilansir dari stylecaster.com, Kamis (16/8/2018).

Banyak pori-pori yang juga memiliki folikel rambut. Selain itu, setiap pori-pori juga memiliki kelenjar minyak dan keringat.

Melalui pori-pori itu sendiri, zat-zat lainnya bisa mencapai permukaan kulit. Sayangnya, berbeda dari kepercayaan yang ada selama ini, pori-pori tidak bisa membuka, menutup, atau diperkecil ukurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serba serbi pori-pori

Faktanya, ketika sebum atau minyak berhasil dikeluarkan dari dalam, pori-pori itu sendiri justru akan terbuka lebih besar. Menggunakan air dingin setelah melakukan ekstraksi tidak akan mengubah ukuran pori-pori Anda.

Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan air panas, karena dapat menghilangkan semua minyak dari pori-pori dan membuat kulit sangat kering. Pori-pori bisa tersumbat karena kulit mati, bakteri, dan minyak.

Seiring waktu, apa yang benar-benar mempengaruhi kondisi kulit adalah bagaimana Anda merawatnya dari hari ke hari. Jangan khawatir, Anda masih memiliki empat cara pilihan.

3 dari 3 halaman

Serba serbi pori-pori

Pertama, mengontrol produksi minyak dengan menghidrasi kulit. Kedua, asam glikolat dan laktat juga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Untuk membersihkan bagian dalam pori-pori, Anda bisa menggunakan asam salisilat. Atau pilihan terakhir adalah melakukan ekstraksi manual yang sebaiknya dilakukan dengan bantuan profesional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.