Ini Cara Brand Kecantikan Indonesia Lakukan Klaim Produk

Oleh Meita Fajriana pada 04 Agu 2018, 19:30 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:23 WIB
Produk kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Industri kecantikan semakin berkembang di tanah air. Sejalan dengan peningkatan industri kecantikan di Indonesia serta inovasi produk kosmestik yang terus berkembang, klaim produk pun cenderung berkembang pesat. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepercayaan kepada pengguna.

Perkembangan klaim suatu produk kecantikan terutama dari segi metode yang di gunakan untuk pembuktian suatu klaim. Sementara itu, Dermatology Testing juga diprediksi akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan industrinya.

Klaim produk kecantikan merupakan salah satu faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih produk Kosmetik yang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan berkembangnya era digital dan mudahnya dalam mengakses informasi, masyarakat Indonesia semakin paham dan sadar dengan label klaim pada saat membeli produk.

 

 

2 of 3

Cara Brand Kecantikan Lakukan Klaim Produk

Produk kecantikan
Berikut cara brand kecantikan melakukan klaim atas produknya. (Foto: iStockphoto)

Melihat hal ini, Skinproof hadir dan resmi dioperasikan di Indonesia. Skinproof merupakan Clinical Research Organization (CRO) untuk membantu produk kecantikan melakukan beberapa pengujian dan mendapatkan klaim yang tepat.

“Skinproof sebagai Clinical Research Organization (CRO) didirikan untuk menjawab kebutuhan pemilik produk dermatologi dalam menyediakan data yang akurat dan valid untuk mendukung klaim efikasi dan keamanan produk dermatology,” kata Alfons Sindupranata Director Skinproof seperti pada rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (6/8/2018).

Produk kosmetik dan klaimnya sebaiknya sesuai dengan regulasi produk kosmetika, mencantumkan klaim yang tepat dan sesuai, tidak membingungkan konsumen, melakukan penilaian mandiri terhadap klaim kosmetika yang dicantumkan dalam produk dan dapat dibuktikan kebenarannya, serta tentunya mengikuti Pedoman Klaim Kosmetika BPOM RI.

 

3 of 3

Cara Brand Kecantikan Lakukan Klaim Produk

Produk kecantikan
Berikut cara brand kecantikan melakukan klaim atas produknya. (Foto: Dok. Skinproof)

Skinproof saat ini memiliki service pengujian untuk produk kecantikan diantaranya uji keamanan dan uji khasiat yang terdiri dari Skin Brightening Test, Skin Elasticity Test, Skin Texture Wrinkle Test, Skin Moisture Hydrating Test, Skin Sebum Oily Test. Selain itu juga ada layanan untuk Acnegenic and comedogenic Test, Hair fall Test, dan Anti dandruff.

“Melihat produk-produk yang ada di pasar saat ini, sebagian besar sudah mencantumkan product klaim, namun sifatnya umum. Jika produsen mencantumkan klaim yang sifatnya umum maka produknya akan terlihat sama dengan produk sejenis di pasar, dibutuhkan klaim spesifik untuk suatu produk agar berbeda, konsumen bisa membeli dan merasakan manfaatnya secara nyata," tutup Alfons.

Lanjutkan Membaca ↓