Sukses

8 Perawatan Alami Atasi Jerawat di Punggung

Tahukah Anda bahwa beberapa perawatan alami di bawah ini dapat mengatasi masalah jerawat punggung? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat punggung bukan masalah kulit yang bisa Anda sepelekan begitu saja. Jerawat di punggung tentu akan membuat penampilan menjadi kurang menarik, khususnya saat mengenakan pakaian yang sedikit terbuka, benar?

Jerawat punggung biasanya terjadi saat akar rambut di bawah kulit tersumbat. Kelebihan produksi minyak, penumpukan bakteri, dan peradangan kelenjar penghasil minyak juga dapat berperan memperbanyak jerawat punggung.

Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, dilansir dari verywellhealth.com, Senin (6/8/2018), berikut ini adalah beberapa perawatan alami yang dapat mengatasi jerawat punggung. Penasaran?

1. Minyak pohon teh

Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat membantu membunuh bakteri yang hidup di kulit dan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Anda bisa menggunakan minyak pohon teh sebagai bahan dari produk sabun yang digunakan.

2. Eksfoliator alami

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel-sel mati di kulit Anda, mencegah pori-pori tersumbat. Anda bisa membuat eksfoliator sendiri dengan mencampurkan gula cokelat dengan madu mentah sebagai lulur tubuh.

Sebaiknya jangan menggosok kulit untuk mengurangi jerawat aktif. Menggosok kulit saat ada jerawat aktif hanya akan menyebabkan peradangan dan memperparah iritasi saat Anda memiliki jerawat punggung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan alami yang dapat mengatasi jerawat punggung

3. Makanan rendah glikemik

Mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan glikemik akan membuat Anda lebih mudah terkena jerawat. Untuk meningkatkan kesehatan kulit, mulai sekarang, cobalah mengonsumsi makanan rendah glikemik, seperti buah, sayuran, biji, dan kacang.

4. Emolien botani

Krim tubuh dan minyak pijat yang mengandung banyak mineral, lanolin sintesis, dan mentega cocoa dapat memperburuk keadaan jerawat Anda. Cobalah menghidrasi kulit dengan produk yang berasal dari tumbuhan bebas minyak dan tidak akan menyumbat pori-pori Anda, seperti gel lidah buaya, minyak argan, shea butter, dan minyak buckthorn laut.

5. Makanan anti inflamasi

Peradangan dan jerawat jelas berkaitan erat, sehingga penting untuk memfokuskan diet Anda pada makanan yang mengandung anti inflamasi, seperti kacang dan biji-bijian.

3 dari 3 halaman

Perawatan alami yang dapat mengatasi jerawat punggung

6. Kurangi asupan susu

Mengurangi konsumsi susu bisa membantu mengatasi masalah jerawat punggung. Penelitian menunjukkan bahwa androgen dan hormon pertumbuhan ditemukan dalam susu, dapat merangsang tumbuhnya jerawat.

7. Manajemen stres

Ada beberapa bukti bahwa stres dapat membuat jerawat bertambah buruk. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology di tahun 2013, mahasiswa mengalami jerawat lebih parah saat ujian berlangsung.

8. Makanan kaya kandungan seng

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seng dapat membantu menjinakkan peradangan terkait jerawat dan membatasi produk minyak pada kulit Anda. Anda bisa meningkatkan asupan seng dari makanan, seperti biji gandum, tiram, biji labu, dan bayam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.