Sukses

9 Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Rambut

Konsumsi 9 makanan ini jika ingin rambut lebih sehat

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mahkota wanita, sudah seharusnya jika rambut dirawat dan dijaga kesehatannya. Rambut yang sehat akan memberikan penampilan yang sempurna pada wanita.

Menjaga kesehatan rambut bukan hanya dilakukan dari produk perawatan yang digunakan. Melainkan juga dari makanan yang dikonsumsi. Seperti dikutip dari Purewow pada Sabtu (4/8/2018), Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini agar rambut sehat.

1. Daging

Helaian rambut terbuat dari serat protein. Untuk itu, Anda harus menjaga asupan protein dengan mengonsumsi daging sapi maupun unggas. Rambut yang kekurangan protein akan membuatnya lebih mudah patah.

2. Tiram

Tiram mengandung seng yang dibutuhkan oleh rambut. Seng dalam tiram ini akan membuat kelenjar rambut berfungsi menghasilkan sebum dan mencegah rambut kering dan rapuh.

3. Almond

Almond menjadi sumber vitamin dan nutrisi yang baik bagi rambut. Itu sebabnya, banyak produk sampo dan kondisioner yang menggunakan kandungan almons. Seperempat cangkir almond akan memberikan hampir setengah dari asupan vitamin E yang dibutuhkan rambut. Almond juga akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Jeruk

Tidak hanya baik untuk menjaga kekebalan tubuh namun jeruk juga efektif untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C yang ada di dalamnya akan membantu memperbanyak produksi kolagen. Sedangkan vitamin A membantu tetap terhidrasi dengan meningkatkan produk sebum. Sementara vitamin B12 berfungsi memperlambat rambut berubah menjadi uban.

5. Bayam

Daun hijau ini mengandung zat besi dan seng. Bayamn juga menjadi sumber potasium dan kalsium yang baik. Semua nutrisi sangat dibutuhkan oleh rambut untuk menjaga kesehatannya.

6. Yogurt

Yogurt bukan saja kaya protein namun juga mengandung vitamin B5. Kandungan ini berfungsi meningkatkan aliran darah ke kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut.

3 dari 3 halaman

7. Ikan salmon

Kandungan omega 3 dalam salmon merupakan anti peradagangan yang mencegah rambut rontok. Menurut studi di Finlandia, salmon dapat membantu mempercepat proses insulin pada rambut.

8. Telur

Sarapan dengan telur cukup menjadi favorit bagi sebagian orang. Kandungan biotin yang kaya akan membuat rambut tumbuh lebih cepat dan juga mencegah kuku patah.

9. Ubi

Sebagai superfood, ubi jalar sangat baik untuk menjaga rambut karena kaya akan beta karoten. Beta karoten sendiri meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan produksi sebumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.