Sukses

Hati Hati! Cek Tanda Tabir Surya Sudah Kedaluwarsa

Sebagai konsumen, Anda perlu tahu bagaimana memerika tabir surya yang sudah kedaluwarsa.

Liputan6.com, Jakarta Seperti kebanyakan produk kosmetik, tabir surya juga bisa mengalami kadaluwrsa. Hanya saja, kadaluwrsa pada tabir surya agak berbeda dari kedaluarsa sejumlah barang pada umumnya. Untuk itu, Anda harus lebih jeli ketika hendak membeli tabir surya di supermarket. Pastikan bahwa formulanya masih berfungsi dengan baik.

Good Morning America melakukan investigasi ke beberapa toko dan menemukan bahwa mereka masih menjual tabir surya yang melewati tanggal kedaluwrsa. Agar Anda menjadi konsumen yang cerdas, Anda perlu tahu apa saja tanda tabir surya sudah kedaluwrsa.

Tanggal kadaluwarsa tabir surya dibuat dalam berbagai bentuk. Beberapa ada yang diketik secara jelas namun tak jarang bahkan dicetak pada bagian yang tidak terlihat. Jika Anda tidak berhasil menemukan tanggal kedaluwarsanya, Anda bisa coba periksa kode produksinya.

Dua angka pertama pada kode produksi, biasanya mewakili tahun produk tersebut diproduksi. Sementara angka ketiganya menunjukkan hari tabir surya tersebut diproduksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkirakan tanggal kadaluwarsa

FDA sendiri memperingatkan setiap produsen untuk selalu menyertakan tanggal kadaluwarsa bagi produk tabir suryanya. Namun jika tidak ada tertera tanggal kedaluwarsa, Anda bisa menghitungnya sendiri dengan memperkirakan bahwa tanggal kedaluwarsanya adalah tiga tahun setelah tabir surya dibeli.

Jika Anda tidak ingat kapan tabir surya dibeli, Anda harus membuangkan daripada merusak kulit. Selain itu, Anda bisa periksa formula dari tabir surya. Jika sudah berair dan berbau, sebaiknya dibuang.

 

3 dari 3 halaman

Tips menyimpan tabir surya

Tabir surya sendiri harus disimpan dalam kondisi tertentu untuk menjaga kualitasnya. Seperti menghindari penempatannya yang terpapar langsung oleh sinar matahari.

FDA pun memberikan tips untuk melindungi tabir surya Anda. Bungkus produk tabir surya dengan handuk, simpan di tempat yang teduh, atau bisa ditaruh dalam pendingin.

Kebanyakan dokter menyarankan untuk memakai tabir surya dengan minimal SPF 30 dan digunakan 30 menit sebelum Anda keluar rumah. Aplikasikan kembali setiap dua jam dan setelah berkeringat atay basah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.