Sukses

5 Cara Atasi Jerawat di Cuaca Panas

Atasi jerawat di cuaca panas dengan cara berikut.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat merupakan permasalah kulit yang paling banyak dialami dan sulit untuk diatasi. Walau demikian, banyak cara untuk mensiasati pertumbuhan jerawat yang mengganggu penampilan. Seperti yang dilansir dari teenvogue.com, cuaca panas seringkali menjadi trigger tumbuhnya jerawat.

Saat speerti ini bukan berarti menjadikan Anda malas untuk keluar rumah, namun dengan lima cara berikut, kamu bisa tetap beraktivitas tanpa perlu cemas jerawat akan semakin bertambah parah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Cara Atasi Jerawat di Cuaca Panas

1. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Saat udara panas, tubuh akan secara otomatis memproduksi keringat. Saat seperti ini akan menyebabkan pori-pori wajah tersumbat dan terakumulasi menjadi sebum dan berpotensi menjadi jerawat. Hindari menyentuh wajah dengan tangan untuk menghindari penyebaran bakteri yang dapat menimbulkan jerawat di wajah.

2. Gunakan skincare yang sesuai

Pastikan untuk menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan cuaca. Saat musim panas, ada baiknya untuk memilih menggunakan skincare dengan kandungan noncomedogenic yang dapat menyumbat pori-pori Anda. Tak lupa untuk memastikan kulit tetap terhidrasi sehingga tak memproduksi minyak secara berlebih.

3 dari 3 halaman

5 Cara Atasi Jerawat di Cuaca Panas

3. Segera bersihkan wajah dan tubuh setelah olahraga

Bercengkrama sejenak setelah melakukan olahraga memang menyenangkan. Tapi keringat yang keluar dari tubuh mampu dengan cepat merangsang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Pastikan untuk segera mandi usai berolahraga untuk mencegah kuman dan bakteri yang menyebar pada tubuh.

4. Cermat mengatasi jerawat

Saat breakout, atasi dengan mencuci wajah menggunakan benzoyl peroxide. Kandungan tersebut dapat membunuh bakteri yang dapat membuat jerawat segera hilang. Saat seperti ini hindari penggunaan skincare dengan formula keras, ubahlah dengan produk perawatan berformula lembut yang dapat menenangkan kulit.

5. Selalu gunakan sunscreen

Pastikan untuk tak lupa menggunakan sunscreen. Aplikasikan minimal 30 menit sebelum Anda keluar rumah agar formulanya dapat melindungi kulit secara optimal. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 25 yang aman bagi kulit.

Dengan langkah di atas, Anda pun dapat meminimalisir tumbuhnya jerawat saat musim panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.