Sukses

Ternyata, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Tangan

Mash banyak yang mencuci tangan dengan cara yang salah. Simak berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin bagi sebagian besar orang, mencuci tangan terdengar sepele. AKtivitas ini memang mudah dilakukan, namun memiliki efek yang sangat besar bagi kesehatan. Saat mendengar kalimat 'cuci tangan' tentu hal yang akan mengingatkan Anda dengan membasuh tangan dengan sabun di bawah aliran air keran yang mengalir.

Walaupun terlihat cukup mudah untuk dilakukan, tapi ternyata seperti yang dilansir dari Teenvogue.com, masih banyak orang yang mencuci tangannya dengan cara yang salah. Bahkan sebuah studi menyatakan, dari 100% persen sample yang diteliti, sebanyak 97% melakukan kesalahan cuci tangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ternyata, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Tangan

Lalu di mana letak kesalahan yang terjadi? data yang dirilis oleh U.S. Department of Agriculture menyatakan kebanyak orang tidak mencuci tangannya dengan sabun dan air. Selain itu, durasi cuci tangan yang dilakukan juga kurang dari 20 detik. Padahal, 20 detik tersebut mampudigunakan sebagai tindakan pencegahan dasar virus dan kuman agar tak mengkontaminasi tubuh. Beberapa partisipan dalam studi ini juga tidak mengenakan handuk bersih untuk mengeringkan tangan mereka.

3 dari 3 halaman

Ternyata, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Tangan

Studi ini melibatkan 383 orang dengan ragam kasus yang bervariasi yang berkaitan dengan cara mencuci tangan yang salah dan menyebabkan beragam efek negatif bagi tubuh. Jadi pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan cara yang benar dan menggunakan sabun selama 20 detik agar tangan dalam kondisi bersih optimal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.