Sukses

Perawatan Kecantikan Anti-Aging yang Patut Anda Lakukan dari Menurut Dermatologi

Lakukan perawatan anti-aging sedini mungkin dengan cara yang tepat menurut dermatologi.

Jakarta Jangan sampai menunggu munculnya kerutan dan keriput pada wajah barulah Anda melakukan perawaran anti-aging. Hanya dengan mengandalkan tahapan perawatan dengan produk skincare yang tepat, Anda dapat menuai hasil efektif yang dapat dilihat beberapa tahun mendatang. Seperti yang dikatakan Dendy Engelman, MD kepada My Domaine, tidak ada istilah “terlalu muda” untuk perawatan anti-aging. Justru sebaiknya pencegahan penuaan dilakukan sedini mungkin, meski sesederhana hanya cuci muka dan pakai sunscreen.

Namun jika ingin hasil yang lebih maksimal, tentu harus diikuti dengan langkah skincare lainnya, seperti pemakaian toner dan serum. Ingat, keriput adalah masalah serius. Tidak ingin kan terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya? Dan tentunya ingin terlihat selalu awet muda? Menyimak rekomendasi para dermatolog, berikut rutinitas skincare yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah munculnya keriput.

Step 1: Cleanser

Membersihkan wajah hanya sekali tidaklah cukup, terutama di malam hari setelah seharian pakai makeup dan beraktivitas di luar. Setelah mengangkat makeup dengan cleansing oil, makeup remover, atau micellar water, lanjutkan dengan cleanser yang dapat membersihkan hingga ke dalam pori-pori seperti Senka Perfect White Clay yang memiliki kandungan clay untuk deep cleansing. Sedangkan di pagi hari pakailah gentle cleanser untuk membersihkan wajah dari sebum yang tertumpuk semalaman.

Step 2: Toner

Sebaiknya jangan lewati pemakaian toner karena fungsi pentingnya adalah mengembalikan pH kulit seusai cuci muka. Jika ingin dapatkan manfaat ganda, pilihlah toner yang sekaligus dapat mengeksfoliasi dengan kandungan phenol dan salicylic acid seperti Biologique Recherche P50 1970.

Step 3: Serum

Bila bingung mau pakai serum jenis apa, dermatolog menyarankan serum vitamin C. Alasannya karena vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan efek buruk sinar matahari. Rekomendasi serum vitamin C yang baik adalah Sunday Riley C.E.O. Rapid Flash Brightening Serum yang sangat membantu mencerahkan wajah.

Step 4: Moisturizer atau Facial Oil

Untuk jaga kulit wajah tetap lembap, moisturizer is a must. Pilih yang sesuai jenis kulit. Jika kulit sangat kering atau merasa moisturizer buat kulit sangat berminyak, alternatifnya adalah pakai facial oil. Jangan buru-buru takut dengan minyak karena facial oil pada umumnya mudah diserap kulit dan tidak meninggalkan sensasi greasy. Pilihan facial oil sesuai jenis kulit bisa dilihat di sini.

Step 5 (Pagi Hari): SPF

Tidak boleh terlewat setiap hari, baik itu mau keluar rumah atau tidak maupun saat cuaca cerah atau mendung, sunscreen wajib hukumnya. Ingatlah bahwa sinar matahari merupakan penyebab utama penuaan (dan bintik hitam). Pastikan tidak pernah luput pakai sunscreen setiap hari. FIMELA pernah bahas pilihan sunscreen di sini.

Penulis: Monica Dian

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.