Sukses

Waspadai Bahan Kimia Beracun yang Tersembunyi di Lipstik Anda

Hati-hati dan waspadai bahan kimia beracun yang ternyata masih banyak tersembunyi pada lipstik favorit Anda, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa lipstik juga memiliki bahan kimia beracun yang wajib diwaspadai? Food and Drug Administration dan Campaign for Safe Cosmetics mulai meneliti timbal dalam lipstik sekitar tahun 2007.

Mereka menemukan bahwa 61% dari 33 label lipstik populer yang telah diuji ternyata positif mengandung timbal. Sebuah studi di tahun 2010 yang diperluas oleh FDA menemukan kandungan timbal pada lebih dari 400 lipstik berbeda.

Dilansir dari aol.com, Jumat (30/6/2018), para peneliti di University of California menemukan bahwa timbal bukanlah satu-satunya hal yang harus Anda waspadai. Mereka juga menemukan logam beracun, seperti kromiun, aluminium, dan mangan pada beberapa label lipstik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan kimia beracun yang sering tersembunyi pada lipstik

Kontaminasi timbal dalam produk lipstik adalah masalah yang terdokumentasi berdampak buruk terhadap kesehatan wanita dan anak-anak. Kaum pria juga berisiko terpapar timbal asetat dari pewarna rambut.

Timbal jelas menimbulkan risiko kesehatan bagi pria dan wanita di segala usia, terutama anak-anak harus ekstra hati-hati. Masalah utamanya adalah neurotoxin di dalamnya memiliki efek pada otak, sehingga anak-anak dengan otak yang belum sepenuhnya berkembang adalah sasaran yang benar-benar harus dilindungi.

3 dari 3 halaman

Bahan kimia beracun yang sering tersembunyi pada lipstik

Jumlah rendah timbal dapat menyebabkan kelemahan, peningkatan tekanan darah, dan anemia. Sedangkan paparan dalam jumlah yang lebih tinggi dapat merusak otak, ginjal, dan organ lainnya, bahkan dapat mengancam jiwa.

Lain kali sebelum Anda membeli lipstik, pastikan bahwa produk tersebut telah melalui uji penelitian. Apa lipstik favorit Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.