Sukses

Panduan 11 Langkah Perawatan untuk Kulit Wajah Bersih Bersinar

Simak di sini panduan beberapa langkah perawatan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bersinar, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan kulit wajah bersih dan bersinar mungkin adalah pertanyaan yang paling sering Anda dengar. Namun, apakah dengan semua krim dan pelembap mahal, Anda benar-benar bisa mendapatkan kulit wajah bersih dan bersinar?

Kulit bersih dan bersinar adalah kulit yang tidak terganggu dengan jerawat dan kerusakan akibat sinar matahari. Dilansir dari sheknows.com, Rabu (27/6/2018), berikut ini adalah beberapa langkah perawatan untuk mendapatkan kulit wajah bersih dan bersinar, penasaran?

1. Tidak berlebihan

Langkah pertama untuk merawat kulit wajah adalah berhenti melakukan apa yang selama ini telah dilakukan. Mungkin Anda masih berpikir bahwa semakin banyak produk perawatan yang digunakan, kulit akan menjadi semakin baik.

Faktanya justru terkadang berkebalikan. Terlalu banyak menggunakan produk dapat membuat kulit wajah mudah teriritasi, kemerahan, dan bersisik.

2. Tidak terlalu sering mencuci muka

Terlalu banyak mencuci muka lebih mungkin merusaknya daripada memberi kebaikan. Sebaiknya, hapus kotoran dan sisa makeup dengan pembersih, baru mencuci muka.

Selain itu, pastikan Anda selalu menggunakan toner setelah mengaplikasikan produk pembersih. Sudah rutin melakukan cara ini?

3. Jangan memencet jerawat

Merawat jerawat dengan baik dan bantuan dokter mungkin lebih dibutuhkan daripada Anda tergoda untuk memencetnya. Apapun yang terjadi, tahan godaan untuk memencet jerawat pada kulit wajah dengan tangan Anda sendiri.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah perawatan untuk mendapatkan kulit wajah bersih bersinar

4. Eksfoliasi

Untuk mendapatkan kulit yang halus, Anda harus menyingkirkan kulit mati dari permukaannya. Eksfoliasi yang dilakukan secara teratur akan mempercepat proses pergantian sel, memungkinkan tubuh memproduksi asam hyaluronat yang mengandung kelembapan.

5. Membersihkan kuas makeup

Seberapa sering Anda membersihkan kuas makeup? Untungnya kuas makeup dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan sabun batangan, namun hindari produk sabun yang mengandung aroma dan pilih yang lebih alami.

6. Makan bersih

Apa yang Anda makan tentu akan mempengaruhi keadaan kulit. Makanan yang kaya akan protein tanpa lemak dan asam lemak omega 3 sangat efektif untuk membersihkan kulit dan mempertahankan kelembapan.

7. Hidrasi

Ada sejuta alasan mengapa Anda harus banyak minum air putih. Untuk memiliki kulit bersih dan bersinar, sangat penting untuk minum air yang cukup, terutama di siang hari.

3 dari 3 halaman

Langkah perawatan untuk mendapatkan kulit wajah bersih bersinar

8. Menggunakan tabir surya

Kerusakan akibat sinar matahari dapat menciptakan keriput dan membuat kulit menjadi kasar. Carilah produk tabir surya yang mengandung bahan alami, seperti titanium dioksida dan seng oksida.

9. Melembapkan

Anda perlu melembapkan kulit dua kali dalam sehari. Cara ini akan meningkatkan hidrasi kulit dan menyegel kelembapan di antara sel-sel kulit yang kering di permukaan.

Salah satu kandungan pelembap yang wajib Anda miliki adalah ceremides. Aplikasikan tiga menit setelah Anda selesai mandi air hangat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar.

10. Menggunakan bahan alami

Anda bisa membuat sendiri masker yogurt. Yogurt dapat bertindak sebagai anti inflamasi dan asam laktat untuk mengelupas kulit mati.

Atau stoberi untuk mengencangkan pori-pori dan bubuk almond untuk mendapatkan pori-pori kulit yang lebih bersih. Aplikasikan masker yang telah dibuat di bagian kulit wajah yang cenderung berminyak, biarkan selama 15 menit, dan bilas.

11. Melakukan perawatan di malam hari

Kulit Anda membutuhkan perawatan ekstra di malam hari, jadi jangan menggunakan pelembap siang sebelum tidur di malam hari. Usahakan Anda menggunakan pelembap yang memiliki kandungan retinoid untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.