7 Kesalahan Mewarnai Rambut yang Tidak Pernah Disadari

Oleh Vinsensia Dianawanti pada 22 Jun 2018, 11:15 WIB
Ilustrasi pewarna rambut (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Mewarnai rambut selalu menjadi tren. Jenis warna atau gaya pewarnaan yang kita pilih untuk mewarnai mengungkapkan kepribadian kita dalam beberapa hal.

Ketika mewarnai rambut, banyak orang merasa bahwa sudah melakukan hal yang benar. Namun dilansir dari Boldsky pada Kamis (21/6/2018) ada beberapa kebiasaan mewarnai rambut yang ternyata salah. Fatalnya, kesalahan ini tidak pernah disadari bagi Anda yang suka mewarnai rambut.

1. Menggunakan dry shampoo

Menggunakan dry shampoo sebelum mewarnai rambut dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Selain itu, dry shampoo juga akan membuat penyerapan warna lebih sulit. Lebih baik, jangan gunakan dry shampoo pada semalam sebelum mewarnai rambut.

2 of 3

2. Tidak mengkomunikasikan dengan stylist

20160312-Ilustrasi Mewarnai Rambut-iStockphoto
Ilustrasi Mewarnai Rambut (iStockphoto)

Ketika mewarnai rambut, komunikasi menjadi penting. Terutama ketika mewarnai rambut untuk pertama kalinya. Diskusikan ide-ide pewarnaan rambut dan menggabungkannya dengan saran dari stylist. Sehingga Anda tidak salah memilih warna dan teknik pewarnaannya.

3. Hati-hati dengan bleaching berlebihan

Rambut pirang selalu menjadi tren. Sebelum mewarnai rambut Anda menjadi pirang lebih baik bertanya dulu pada penata rambut Anda. Untuk mendapatkan rambut pirang, Anda harus melakukan pemutihan pada rambut.

4. Tidak mendapatkan referensi

Jika Anda mewarnai rambut untuk pertama kalinya, disarankan untuk melakukan riset sebelum mewarnai rambut. Perlu juga untuk mencari referensi yang cocok untuk mewarnai rambut. Sehingga penata rambut Anda memahami apa yang sebenarnya Anda butuhkan.

3 of 3

5. Tidak memiliki ide yang jelas soal perwarnaan rambut

20160312-Ilustrasi Mewarnai Rambut-iStockphoto
Ilustrasi Mewarnai Rambut (iStockphoto)

Usahakan selalu spesifik pada apa yang Anda inginkan. Jika ingin warna coklat, jelaskan warna cokelat seperi apa yang Anda inginkan. Jika ini pertama kalinya Anda mewarnai rambut, lebih baik mencoba mewarnai rambut secara temporer.

6. Menggunakan sampo yang biasa Anda gunakan

Setelah mewarnai rambut, jangan gunakan sampo dan kondisioner yang biasa Anda gunakan. Hal ini ada banyak bahan kimia yang digunakan ketika mewarnai rambut. Oleh karena itu, pastikan sampo yang Anda gunakan adalah sampo khusus untuk rambut yang sudah diwarnai.

7. Tidak melindungi rambut

Ketika baru saja mewarnai rambut, jangan langsung digunakan untuk berenang. Kandungan klorin dalam kolam renang akan menyebabkan reaksi kimia lainnya. Untuk itu hindari warna rambut yang memudar lebih cepat, jauhi kolam renang atau gunakan topi mandi setiap kali berenang.

Lanjutkan Membaca ↓