Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Agar Tidur Lebih Nyenyak

Berikut lima hal yang harus dilakukan agar tidur lebih nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Tidur yang cukup memiliki manfaat yang penting untuk tubuh. Setidaknya Anda disarankan untuk tidur selama 8 jam dalam sehari. Tidur memberikan kesegaran bagi tubuh untuk beraktivitas kembali di pagi hari. Selain itu tidur yang cukup juga membantu menjaga kulit Anda agar tetap sehat dan segar.

Namun, rutinitas yang menuntut Anda bekerja seharian, bahkan hingga larut malam membuat waktu tidur Anda tidak teratur. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan. Untuk menghindarinya tidak ada salahnya melakukan hal-hal yang bisa membuat Anda tertidur nyenyak dengan waktu yang cukup.

Seperti yang dilansir dari situs Boldsky, Minggu (17/6/2018), berikut lima cara untuk membuat tidur Anda sempurna dengan waktu yang cukup dan tidur yang nyenyak.

1. Matikan semua gawai

Mematikan gawai merupakan salah satu cara paling ampuh untuk Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Pola hidup saat ini menjadikan gawai sebagai benda yang tidak pernah lepas dari genggaman. Mematikannya saat tidur memberikan tubuh Anda waktu untuk beristirahat menikmati waktu tidur tanpa memikirkan kerjaan, ataupun sekedar bermain games yang sering Anda akses melalui gawai Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara agar tidur nyenyak

2. Matikan semua lampu

Sebelum tidur tidak ada salahnya Anda memastikan kasur Anda telah tertata rapi. Salah satu faktor yang membuat tidur Anda nyaman dan lelap adalah tempat tidur dan kondisi kamar yang nyaman, mulai dari tatanan interior hingga suhu udara kamar Anda. Bagaimana bisa Anda tidur dengan nyenyak pada kamar yang berantakan bukan? Singkirkan juga benda-benda yang membuat tidur Anda terganggu seperti terlalu banyak boneka di atas kasur.

3. Ciptakan kasur yang nyaman

Tidak hanya kondisi kamar, kondisi kasur juga berpengaruh untuk menciptakan tidur yang berkualitas bagi Anda. Pilihlah material kasur yang baik. Selain itu Anda bisa memilih seprai dengan material yang lembut dan warna yang menenangkan, seperti hijau, biru atau putih. Lengkapi juga kasur Anda dengan bantal secukupnya sehingga tidak mengganggu tidur Anda.

 

3 dari 3 halaman

Cara agar tidur nyenyak

4. Perhatikan suhu udara

Temperatur tubuh akan berubah ketika tidur. Untuk membuat tubuh lebih nyaman, menentukan suhu yang tepat akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda. Atur suhu dengan baik sampai Anda merasa nyaman, usahakan jangan mengatur suhu ruangan terlalu dingin atau terlalu panas.

5. Baca buku

Sebelum tidur Anda dapat melakukan aktivitas berpikir yang ringan seperti membaca buku. Ini bukan berarti Anda membaca buku yang membuat Anda berpikir keras, pilihlah buku fiksi atau novel kesayangan Anda. Dengan begini Anda akan membuat fikiran Anda memulai untuk memasuki alam mimpi sebelum tidur. Selain itu membaca sebelum tidur juga dapat melatih pikiran Anda untuk mengingat lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.