5 Cara Ini Terbukti dapat Mengatasi Permasalahan pada Pori-Pori Wajah

Oleh Annissa Wulan pada 15 Jun 2018, 18:30 WIB
Diperbarui 15 Jun 2018, 18:30 WIB
20151013-Ilustrasi Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat dipungkiri bahwa pori-pori tersumbat adalah masalah yang menjengkelkan. Walaupun ada banyak produk yang dapat memberi klaim dapat mengatasi masalah ini, namun bagaimana menentukan satu yang paling tepat?

Pori-pori adalah lubang pada permukaan kulit tempat minyak dan keringat keluar. Pori-pori dapat semakin tersumbat jika kulit Anda memiliki masalah dengan kandungan minyak berlebih, kotor dan menumpuknya sel kulit mati.

Jika Anda memiliki masalah dengan pori-pori, jangan khawatir. Dilansir dari realsimple.com, Rabu (13/6/2018), berikut ini adalah beberapa cara yang terbukti dapat mengatasi masalah pori-pori. Penasaran apa saja?

1. Menggunakan retinoid secara teratur

Retinoid adalah turunan dari vitamin A yang dapat meningkatkan pergantian sel, mencegah sel-sel kulit mati menghalangi permukaan kulit, dan memblokir pori-pori. Retinoid juga dapat membantu merangsang kolagen untuk membuat kulit menjadi lebih halus.

Namun perlu diingat bahwa retinoid juga bisa membuat kulit menjadi kering dan mengelupas. Gunakan dalam jumlah secukupnya sesuai yang dibutuhkan dan aplikasikan di malam hari sampai kulit Anda bisa menyesuaikan dengan baik untuk mengatasi permasalahan pori-pori.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Menggunakan pore strip

20160905 Jerawat Wajah
Perbesar
Ilustrasi: Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

Pore strip adalah salah satu cara ideal untuk menarik komedo yang menyumbat pori-pori Anda. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menariknya terlalu keras.

3. Melakukan ekstraksi pada profesional

Ekstraksi menawarkan pembersihan langsung dari pori-pori Anda yang tersumbat. Sebelum melakukannya, ingat untuk melakukan ekstraksi hanya dengan seorang profesional, agar kulit Anda tidak meradang dan menyebabkan jaringan parut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Membersihkan dengan asam salisilat

20151013-Ilustrasi Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

Asam beta hidroksi bersifat lipofilik, artinya dapat menarik dan melarutkan minyak. Hal ini ideal untuk mengatasi masalah sebum berlebih yang menyumbat pori-pori Anda. Asam salisilat juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

5. Cobalah eksfoliasi mekanis

Jika Anda meminta kepada seorang dokter kulit, pilihan seperti mikrodermabrasi dan pelapisan ulang laser dapat menghilangkan lapisan atas kulit, menghilangkan penyumbatan, dan membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Lanjutkan Membaca ↓