Sukses

5 Cara Ini Terbukti dapat Mengatasi Permasalahan pada Pori-Pori Wajah

Simak di sini beberapa cara untuk mengatasi permasalahan pada pori-pori kulit wajah Anda, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat dipungkiri bahwa pori-pori tersumbat adalah masalah yang menjengkelkan. Walaupun ada banyak produk yang dapat memberi klaim dapat mengatasi masalah ini, namun bagaimana menentukan satu yang paling tepat?

Pori-pori adalah lubang pada permukaan kulit tempat minyak dan keringat keluar. Pori-pori dapat semakin tersumbat jika kulit Anda memiliki masalah dengan kandungan minyak berlebih, kotor dan menumpuknya sel kulit mati.

Jika Anda memiliki masalah dengan pori-pori, jangan khawatir. Dilansir dari realsimple.com, Rabu (13/6/2018), berikut ini adalah beberapa cara yang terbukti dapat mengatasi masalah pori-pori. Penasaran apa saja?

1. Menggunakan retinoid secara teratur

Retinoid adalah turunan dari vitamin A yang dapat meningkatkan pergantian sel, mencegah sel-sel kulit mati menghalangi permukaan kulit, dan memblokir pori-pori. Retinoid juga dapat membantu merangsang kolagen untuk membuat kulit menjadi lebih halus.

Namun perlu diingat bahwa retinoid juga bisa membuat kulit menjadi kering dan mengelupas. Gunakan dalam jumlah secukupnya sesuai yang dibutuhkan dan aplikasikan di malam hari sampai kulit Anda bisa menyesuaikan dengan baik untuk mengatasi permasalahan pori-pori.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menggunakan pore strip

Pore strip adalah salah satu cara ideal untuk menarik komedo yang menyumbat pori-pori Anda. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menariknya terlalu keras.

3. Melakukan ekstraksi pada profesional

Ekstraksi menawarkan pembersihan langsung dari pori-pori Anda yang tersumbat. Sebelum melakukannya, ingat untuk melakukan ekstraksi hanya dengan seorang profesional, agar kulit Anda tidak meradang dan menyebabkan jaringan parut.

3 dari 3 halaman

4. Membersihkan dengan asam salisilat

Asam beta hidroksi bersifat lipofilik, artinya dapat menarik dan melarutkan minyak. Hal ini ideal untuk mengatasi masalah sebum berlebih yang menyumbat pori-pori Anda. Asam salisilat juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

5. Cobalah eksfoliasi mekanis

Jika Anda meminta kepada seorang dokter kulit, pilihan seperti mikrodermabrasi dan pelapisan ulang laser dapat menghilangkan lapisan atas kulit, menghilangkan penyumbatan, dan membuat pori-pori tampak lebih kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.