Sukses

9 Kebiasaan Tidur yang Bisa Memperparah Kondisi Kantung Mata Anda

Ternyata, ada beberapa kebiasaan tidur yang dapat memperparah kondisi kantung mata Anda. Penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Sadarkah Anda bahwa kebiasaan tidur ternyata juga dapat mempengaruhi keadaan kantung mata? Dilansir dari purewow.com, Selasa (12/6/2018), berikut ini adalah beberapa kebiasaan tidur yang dapat memperparah kondisi kantung mata Anda. Penasaran?

1. Makan makanan pedas dan manis

Makan makanan pedas dan manis di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru dapat merugikan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi lemak jenuh dan gula dikaitkan dengan tidur yang kurang nyenyak.

2. Makan di waktu yang tidak tepat

Bahkan jika Anda telah menghindari makanan pedas dan gula, makan di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur juga dapat menimbulkan kerugian. Aturan praktisnya adalah berhenti makan tiga jam sebelum tidur.

3. Minum lebih dari satu gelas anggur

Ya, satu sampai dua gelas anggur merah memang dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Namun, minum anggur lebih dari dua gelas benar-benar dapat mengacaukan siklus tidur.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Minum air di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur

Minum air yang cukup memang penting. Namun, penting untuk memperhatikan waktu Anda meminumnya.

Jangan menunggu hingga jam 10 malam untuk menghabiskan delapan gelas sehari. Minum air putih sebelum tidur justru akan membuat Anda terbangun di tengah malam dan buang air kecil, mengacaukan siklus tidur.

5. Anda tidak memiliki rutinitas

Anda tidak memiliki waktu tidur dan bangun yang rutin. Satu hari Anda bisa pergi tidur di jam 10 malam, di hari lainnya, Anda pergi tidur di jam 1 pagi. Dijamin wajah Anda akan terlihat lesu dengan kantung mata yang membengkak.

6. Main ponsel di tempat tidur

Main ponsel sebelum tidur dapat mengacaukan mata. Menurut penelitian, cahaya biru dan putih yang dipancarkan dari ponsel Anda dapat mencegah otak melepaskan melatonin, hormon yang mengatur tubuh untuk tidur.

3 dari 3 halaman

7. Mandi air panas sebelum tidur

Mandi air panas sebelum tidur di malam hari memang tampak menyenangkan. Namun, untuk dapat tertidur pulas, tubuh perlu menurunkan suhu dan mandi air panas justru menyebabkan suhu tubuh meningkat. Jika Anda tetap harus mandi air panas, maka lakukan dua jam sebelum tidur. 

8. Anda sering menunda alarm

Latihlah diri untuk benar-benar bangun ketika alarm berbunyi. Setiap kali Anda menunda alarm, tubuh akan memulai siklus tidur yang baru dan terganggu setiap menitnya, membuat Anda merasa lelah ketika benar-benar bangun.

9. Suhu ruangan Anda terlalu hangat

Ketika bersiap untuk tidur, tubuh membutuhkan pendinginan. Menurut penelitian, tidur dengan pintu kamar terbuka akan membuat tidur malam Anda lebih baik dan lebih lama, daripada kebiasaan tidur dengan pintu tertutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.