Sukses

6 Langkah Mudah Menjaga Kelembapan Bibir Selama Bulan Puasa

Simak di sini beberapa langkah untuk membuat bibir terasa tetap lembut dan lembap selama bulan puasa.

Liputan6.com, Jakarta Selama puasa, satu hal yang sulit untuk dihindari adalah bibir pecah-pecah. Selain menjadi gangguan nyata saat Anda mengaplikasikan makeup, bibir pecah-pecah juga memperbesar kemungkinan Anda terkena infeksi.

Dilansir dari furthermore.equinox.com, Selasa (12/6/2018), berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Anda perhatikan untuk membuat bibir terasa lebih lembut. Penasaran apa saja?

1. Ketahui bahan-bahan yang Anda aplikasikan di bibir

Hindari kandungan wewangian dalam produk yang Anda aplikasikan di bibir. Karena bahan sintesis dan alami seringkali merupakan alergen, wewangian justru dapat mengiritasi kulit.

Hindari juga kandungan yang dapat memberikan sensasi dingin ketika digunakan, karena sebenarnya kandungan ini justru mengeringkan bibir Anda. Carilah bahan-bahan yang lebih bergizi, seperti vitamin E, gliserin, shea butter, dan petrolatum.

Shea butter dan petrolatum merupakan bahan yang oklusif dan emolien, dapat menghidrasi kulit, serta mempertahankan kelembapannya. Kandungan yang sangat penting digunakan selama bulan puasa.

2. Aplikasikan dengan hati-hati

Jika Anda terbiasa mengaplikasikan produk bibir dengan jari, cara ini justru akan meningkatkan kemungkinan pemindahan bakteri ke bibir. Jika bibir sedang pecah-pecah, kemungkinan terkena infeksi akan semakin besar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah membuat bibir tetap lembut selama bulan puasa

3. Melindungi diri sendiri dari sinar matahari langsung

Kulit di daerah bibir merupakan kulit yang paling halus, sama halnya dengan kulit di area mata. Jika sekiranya Anda akan beraktivitas cukup lama di luar ruangan, aplikasikan lip balm dengan kandungan SPF untuk mencegah kerusakan dan pengelupakan akibat sinar matahari.

4. Menyikatnya

Sebelum tidur, menyikat bibir juga diperlukan. Gunakan scrub bibir dan dengan lembut sikat bibir Anda untuk mengelupas kulit mati yang ada.

3 dari 3 halaman

Langkah membuat bibir tetap lembut selama bulan puasa

5. Lebih bijak dalam menggunakan pendingin ruangan

AC dan pemanas ruangan dapat mengeringkan udara di dalam ruangan. Seringkali pendingin ruangan adalah penyebab Anda terbangun dengan bibir pecah-pecah.

6. Minum suplemen

Bibir pecah-pecah juga terkadang disebabkan karena kurangnya asupan vitamin D. Memasuki bulan puasa, sebaiknya Anda juga mempersiapkan suplemen yang harus diminum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.