Sukses

4 Cara Jitu Atasi Bibir Kering Saat Puasa Ramadan

Berikut empat cara menghindari bibir kering selama berpuasa di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan sudah hampir mendekati minggu terakhir. Beberapa masalah seperti bibir kering mungkin dapat mengganggu Anda. Maklum saja, selama berpuasa, Anda tidak dapat mengonsumsi air seperti biasa.

Ditambah lagi jika Anda beraktivitas di luar ruangan, dapat membuat bibir semakin kering. Namun, sebenarnya ada cara supaya Anda tidak harus mengalaminya. Berikut empat cara menghindari bibir kering selama berpuasa.

1. Jangan dijilat

Menjilat bibir memang dapat membuatnya basah. Apalagi posisinya yang sangat dekat dengan lidah sehingga mudah sekali Anda untuk menjilatnya. Namun sebenarnya menjilat bibir hanya akan membuatnya bertambah kering. Ini karena penguapan ludah yang membuat kelembapan alami bibir ikut terangkat. Maka sekering apapun bibir, jangan menjilatnya.

2. Penuhi kebutuhan air minum setelah berbuka

Jika Anda harus menahan dahaga selama berpuasa, maka setelah berbuka Anda harus segera menggantinya dengan cairan. Cukupi kebutuhan minum Anda seperti hari-hari biasa, bedanya Anda harus melakukannya dalam jam yang terbatas di bulan Ramadan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4 Cara Jitu Atasi Bibir Kering Saat Puasa Ramadan

3. Lembapkan dengan lip balm

Lip balm adalah investasi terbaik untuk mencegah bibir kering. Maka jangan ragu untuk memilih lip balm terbaik untuk memberikan kelembapan sempurna bagi bibir Anda. Lip balm tidak membatalkan puasa selama Anda tidak menjilat dan menelannya.

3 dari 3 halaman

4 Cara Jitu Atasi Bibir Kering Saat Puasa Ramadan

 

4. Pilih kosmetik yang tepat

Kosmetik, terutama lipstik tertentu, seringkali membuat bibir kering. Ini karena kandungannya yang mengandung alkohol. Maka sebaiknya Anda memilih lipstik yang tepat supaya mencegah bibir kering. Biasa lipstik matte lebih membuat bibir kering daripada lipstik glossy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.