Sukses

Atasi Komedo dengan Bahan Alami untuk Kulit Cantik Jelang Lebaran

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentu Anda ingin menampilan yang cantik maksimal, bukan? Ini untuk atasi komedo.

Liputan6.com, Jakarta Komedo atau sering juga disebut dengan blackheads seringkali mengganggu penampilan. Padahal menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentu Anda ingin menampilan yang cantik maksimal, bukan?

Dengan perawatan kulit yang tepat, komedo bisa hilang, lho. Hal yang juga bisa dilakukan adalah menggunakan bahan alami dari dapur Anda. Berikut seperti dikutip dari laman Natural Living Ideas, Senin (28/9/2016).

1. Baking soda

Mengandung senyawa antiseptik, baking soda merupakan perawatan terbaik untuk menghilangkan komedo. Caranya yakni dengan mencampurkan bahan ini dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Kemudian, aplikasikan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Kayu manis

Kayu manis merupakan bumbu dengan kemampuan anti-bakteri dan dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Campurkan kayu manis dengan madu hingga berbentuk pasta, aplikasikan pada blackheads dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas hingga bersih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atasi Komedo dengan Bahan Alami untuk Kulit Cantik Jelang Lebaran

3. Oatmeal

Bahan ini bisa meringankan iritasi, melepaskan sel kulit mati, dan menyegarkan kulit. Masak oatmeal dengan air kemudian aplikasikan pada blackheads, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Jus lemon

Jus lemon mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) yang secara alami bisa meluruhkan sel kulit mati. Bahan ini tidak akan menyumbat pori-pori. Vitamin C pada jus lemon juga berfungsi sebagai antioksidan dan merangsang produksi kolagen Gunakan pada titik-titik blackheads, biarkan mengering, dan bilas dengan air dingin.

 

3 dari 3 halaman

Atasi Komedo dengan Bahan Alami untuk Kulit Cantik Jelang Lebaran

5. Teh hijau

Vitamin dan antioksidan pada teh hijau membantu mengurangi minyak berlebihan dan mengurangi inflamasi pada wajah yang berjerawat. Seduh teh hijau di gelas keramik kemudian aplikasikan di blackheads dan biarkan mengering. Selanjutnya bilas dengan air sejuk dan beri kelembapan.

6. Kunyit

Bahan alami ini memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Tak hanya itu, kunyit juga bermanfaat untuk melenyapkan blackheads. Caranya, hancurkan kunyit dan campur dengan air atau minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Ratakan pada blackheads dan tunggu selama 10-15 menit sebelum dibilas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.