9 Kesalahan Pemakaian Skincare yang Sering Dilakukan Sampai Sekarang

Oleh Annissa Wulan pada 28 Mei 2018, 09:00 WIB
Diperbarui 28 Mei 2018, 09:00 WIB
Perawatan kecantikan Korea
Perbesar
Ilustrasi perawatan kecantikan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Skincare telah menjadi populer beberapa waktu belakangan ketika banyak orang mulai memperhatikan penampilan dan kesehatan kulit wajahnya. Bagaimana dengan Anda?

Melansir dari newbeauty.com, Senin (28/52018), berikut ini adalah beberapa kesalahan pemakaian skincare yang masih dilakukan sampai saat ini. Penasaran apa saja?

1. Merawat jerawat dengan cara yang salah

Banyak orang salah merawat jerawat ketika muncul. Jika Anda terus melakukan pemakaian skincare dengan cara yang salah, maka jerawat akan semakin parah dan berlangsung lama, meninggalkan bekas luka merah atau gelap yang bertahan selama berbulan-bulan.

2. Terlalu banyak melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi tidak boleh dilakukan secara agresif, karena hanya akan melukai kulit. Terlalu banyak melakukan eksfoliasi justru akan menyebabkan penghalang kelembapan rusak, dehidrasi, dan peradangan.

Selain itu, eksfoliasi berlebihan juga akan menghancurkan sel-sel sehat dan menstimulasi aktivitas melanin yang meningkatkan hiperpigmentasi.

3. Tidak memakai tabir surya secara rutin

Alasan nomor satu mengapa kulit mengalami penuaan dini adalah karena sinar matahari. Menggunakan skincare tabir surya adalah keharusan karena akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesalahan skincare yang masih dilakukan sampai sekarang

Kecantikan
Perbesar
Ilustrasi kecantikan pakai pelembap (iStockphoto/Youngoldman)

4. Menggunakan toner berbahan alkohol atau melewatkannya

Toner adalah langkah penting dalam perawatan kulit dan harus dilakukan rutin setiap hari. Alkohol hanya akan membuat kulit dehidrasi dan meningkatkan penumpukan sel mati.

5. Tidak merawat leher

Banyak orang masih tidak mengaplikasikan skincare di bagian lehernya. Hal ini termasuk tabir surya, agar wajah dan leher Anda terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

6. Mengaplikasikan skincare dengan cara yang salah

Banyak reaksi tidak menguntungkan dari skincare biasanya disebabkan dari pengaplikasian yang salah. Contohnya adalah skincare yang digunakan untuk mengurangi jerawat digunakan sesering mungkin, faktanya ini bukan praktik yang baik.

Skincare untuk kulit berjerawat tidak seharusnya digunakan terlalu banyak, karena hanya akan menyebabkan iritasi dan peradangan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesalahan skincare yang masih dilakukan sampai sekarang

Kecantikan
Perbesar
Ilustrasi kecantikan pakai masker wajah (iStockphoto/diego_cervo)

7. Tidak melakukan rutinitas yang tepat untuk jerawat dan keriput

Strategi terbaik untuk merawat kulit berjerawat adalah dengan menggunakan eksfoliator asam salisilat sebelum mengaplikasikan produk pelembap. Lakukan hal ini tiga kali dalam seminggu.

8. Tidak menggunakan pelembap setiap hari

Banyak orang menyembunyikan kekurangan pada kulit wajahnya dengan makeup. Kulit menjadi tidak memiliki sistem pernapasan.

9. Tidak melakukan eksfoliasi dengan produk yang tepat

Eksfoliasi adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan pada kulit. Lakukan tiga kali dalam seminggu dan gunakan skincare secara rutin.

Lanjutkan Membaca ↓