Khasiat Baik Jahe untuk Perawatan Kecantikan

Oleh Ega MaharniLiputan6.com pada 09 Mei 2018, 09:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2018, 09:00 WIB
Ilustrasi wanita cantik
Perbesar
Ilustrasi wanita cantik (iStockphoto)

Jakarta Jahe merupakan salah satu bahan dapur yang selalu tersedia. Selain digunakan untuk menambahkan cita rasa pada masakan, jane juga kerap menjadi penghangat tubuh alami jika diseduh sebagai minuman. Biasanya jahe dimanfaatkan bila badan sedang masuk angin atau kedinginan. Parutan jahe bisa dicampur dengan teh atau sebagai campuran susu. 

Namun bukan hanya untuk kesehatan saja, jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk perawatan kecantikan alami. Salah satunya dijadikan masker wajah.

Untuk yang penasaran bagaimana khasiat dan manfaat dari jahe untuk kecantikan, intip ulasan yang dirangkum dari beberapa sumber berikut ini.

2 dari 4 halaman

Mengatasi permasalahan bintik hitam yang membandel di wajah

Jahe
Perbesar
Ilustrasi jahe (iStockphoto)

Timbulnya noda atau bintik hitam di wajah tentu akan sangat menggangu penampilan. Ada baiknya masalah wajah tersebut dihilangkan dengan bahan alami.

Noda hitam atau bintik-bintik gelap pada kulit wajah dapat dihilangkan dengan menggunakan jahe sebagai masker wajah. 

Caranya, buatlah parutan jahe secukupnya, kemudian masukan ke dalam wadah kecil yang berisikan air teh hijau. Setelah itu, basuhlah wajah dengan memberi sedikit gosokan lembut, lakukanlah secara di berulang hingga air habis.

3 dari 4 halaman

Pencerah bibir

Jahe
Perbesar
Ilustrasi jahe (iStockphoto)

Tidak diduga, jahe menjadi salah satu bahan alami yang bisa mencerahkan permukaan kulit bibir yang kusam.

Jika Anda menginginkan tampilan bibir yang sempurna, pulaskan jahe yang sudah dicampur dengan dadih dari susu. Terapkan masker ini pada bibir Anda, dan diamkan selama 15 menit, setelanya, bersihkan dengan air.

4 dari 4 halaman

Mengangkat sel kulit mati

Jahe
Perbesar
Ilustrasi jahe (iStockphoto)

Tidak melulu bergantung dengan perawatan dokter atau krim wajah untuk bantu mengangkat sel kulit mati, bahan alami seperti jahe pun bisa Anda andalkan.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menyiapkan 4 sendok makan perasan jahe, 1 sendok makan irisan kulit jeruk, dan 1 senok makan garam.

Kemudian, aduk rata ketiga bahan tersebut, lalu terapkan pada kulit wajah secara merata, biarkan selama 25 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin sampai bersih. Lakukanlah perawatan ini secara rutin dan teratur dua kali dalam satu minggu, dengan ini sel kulit mati pada kulit akan teratasi.

Penulis: Ega Maharni

Sumber: Bintang.com

Lanjutkan Membaca ↓