Alasan Mengapa Vitamin E Wajib Ada di Kandungan Skincare

pada 24 Apr 2018, 11:12 WIB
Kecantikan

Jakarta Vitamin E dikenal memang sudah dikenal baik untuk kulit. Oleh sebab itu, vitamin E banyak terdapat di formula-formula skincare hingga makeup. Lalu, apakah benar vitamin E memiliki peran penting bagi kulit? Simak berikut ini.

Manfaat Vitamin E

"Vitamin E keeps lipids fresh in your skin," jelas Renée Rouleau, ahli estetika. Vitamin E membantu untuk menjaga kondisi kulit tetap utuh, mencegah keretakan kulit akibat kurangnya hidrasi yang menyebabkan kulit terasa kaku dan kering. Dengan asupan vitamin E yang cukup pada kulit, kelembapan kulit akan lebih panjang hingga 16 jam.

Vitamin E juga bermanfaat untuk antioksidan yang baik karena membantu menetralisasi radikal bebas. Dengan kata lain, vitamin E mampu mencegah oksidasi sebum (minyak) untuk mencegah komedo. Vitamin E dapat memperlambat proses menumpuknya sebum yang mengeras dan tersumbat dalam pori-pori.

2 of 3

Manfaat vitamin E

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan pakai krim wajah (iStockphoto/Ridofranz)

Formula yang terdapat di dalam vitamin E berfungsi untuk menghaluskan kulit dan membantu untuk mengembalikan kondisi kulit bila iritasi akibat polusi atau kerusakan akibat paparan sinar matahari. Menurut Durham, peneliti dari Duke University Medical Center researchers- North Carolina. "for photoprotective purposes, when vitamin E is combined with vitamin C and used under sunscreen, it can provide four times the protection of sunscreen alone."

Jadi, kesimpulannya dari tiga manfaat di atas, dalam skincare kita butuh vitamin E, untuk menutrisi kebutuhan kulit agar tetap sehat. Namun, di balik kelebihannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tak sembarangan mengonsumsi vitamin E.

 

3 of 3

Manfaat vitamin E

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan pakai pelembap (iStockphoto)

Menurut Rouleau, jika kita memakai vitamin E murni dalam bentuk kapsul dan diaplikasikan langsung ke kulit dapat menyebabkan reaksi dermatitis. Khususnya untuk area kulit yang tipis, seperti bawah mata tidak direkomendasikan untuk memakai vitamin E murni secara langsung. Selain itu kekurangan Vitamin E juga kurang cocok bagi yang memiliki kulit berminyak atau acne prone, karena dapat menyebabkan munculnya jerawat bahkan breakouts. Ia menyarankan, penggunaan vitamin E paling cocok untuk tipe kulit normal dan kulit kering

Memang tidak semua orang cocok dengan vitamin E, karena kondisi kulit yang berbeda-beda. Maka perlu lebih teliti lagi saat memilih skincare dengan komposisi vitamin E dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan kulit.

Oleh: Reiny

Sumber: Fimela.com

Lanjutkan Membaca ↓